Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Des 2021 16:32 WIB

TRAVEL NEWS

Tidak Perlu Antre Beli Tiket Wisata Pantai di Tegal, Cukup Pakai e-Ticketing

Imam Suripto
detikTravel
Launching e-ticketing di kota Tegal, Jateng, Jumat (17/12/2021)
Launching e-ticketing di kota Tegal, Jateng. (Imam Suripto/detikcom)
Tegal -

Objek Wisata (OW) Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Jawa Tengah, menerapkan e-ticketing bagi para pengunjung. Tiket elektronik ini untuk memudahkan traveler yang berwisata di lokasi ini.

Wali Kota Tegal H Dedy Yon Supriyono mengatakan selain mempermudah pelayanan wisata, digitalisasi juga akan diterapkan di sektor-sektor lainnya sebagai upaya transparansi dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tegal.

"Diharapkan indeks digital Kota Tegal naik dari 80 menjadi 85. Dengan sistem pembayaran secara elektronik, diharapkan semakin transparan terkait pendapatan retribusi maupun pajak. Sehingga saya berharap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tegal akan naik," kata Dedy Yon Supriyono, Jumat (17/12/2021).

Nantinya, e-ticketing ini selain diberlakukan di kawasan obyek wisata, juga akan dikembangkan di parkiran mall, pajak restoran, rumah makan dan lain sebagainya.

"Dengan adanya pelayanan ini, saya minta dukungan penuh dari masyarakat, karena obyek utama adalah masyarakat. Harapannya dengan sistem digital ini juga akan diterapkan di parkir mall, pajak restoran, rumah makan dan lain sebagainya," kata Dedy.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Taufik Amrozy mengatakan sangat mendukung pembayaran secara digital. Salah satunya yang sudah dilakukan di tempat wisata seperti PAI.

Taufik menambahkan tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan digitalisasi harus diterima. Apalagi, saat ini lompatannya sudah tinggi, sehingga tidak bisa menafikan perkembangan digital ini.

"Mulai dari inisiasi, berkembang, maju dan sekarang yang tertinggi digital. Dari 542 kabupaten/kota, Kota Tegal bersama 90 daerah lainnya, naik angkanya di atas 80. Hitungan kawan-kawan 84 sampai 85. Insya Allah Kota Tegal dapat meraih angka itu," kata Taufik.

Dia juga berharap digitalisasi di Kota Tegal juga merambah ke retribusi-retribusi lainnya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Cucuk Daryanto mengatakan e-ticketing ini sepenuhnya mulai digunakan pada awal tahun 2022. Pembayarannya bisa menggunakan semua dompet digital seperti Ovo, link aja, Gopay, Shopeepay dan semua aplikasi m-banking.

"Sistem e-ticketing ini bertujuan mendorong penggunaan transaksi tunai untuk beralih ke transaksi non tunai dengan kanal QRIS, metode pembayaran non tunai (cashless) dengan kanal QRIS ini dapat dilakukan dengan semua dompet digital seperti Ovo, Shopeepay, Gopay, link-aja, dan semua aplikasi m-banking yang sudah terintegrasi dengan kanal QRIS," kata Cucuk.



Simak Video "Unik! Dusun di Pati Ini Hanya Dihuni 4 Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA