Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Des 2021 18:41 WIB

TRAVEL NEWS

Gagal Maning, Gagal Maning! Umrah Dibatalkan Lagi

bonauli
detikTravel
Akhirnya setelah sekitar 1,5 tahun, jamaah di Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah bisa melaksanakan salat dengan barisan yang rapat.
Makkah (Haramain Sharifain)
Jakarta -

Pelaksanaan umrah kembali dibatalkan. Kali ini alasan pemerintah apa lagi, ya?

"Fixed tidak berangkat, kebijakan enggak konsisten," ujar Rizky Sembada, pemilik operatur tur PT At Tayibah Al Multazam Group, kepada detikTravel, Jumat (17/12/2021).

Hasil ini didapatnya saat rapat 17 Desember antara Kemenag, Kemenhub, Kemenkes, dan KJRI, serta semua Asosiasi Umrah Haji. Alasan pembatalan keberangkatan adalah ditemukannya varian Omricon dari Covid-19 di Indonesia.

Rizky menyayangkan sikap pemerintah yang dinilai tidak konsisten kepada kegiatan umrah dan haji.

"Ke Turki masih bisa, tapi kenapa umrah malah dihentikan?" Rizky mengeluhkan.

Sebelumnya, pemerintah menjadwalkan keberangkatan umrah untuk tanggal 16 Desember. Namun, karena ada masalah karantina dan PeduliLindungi yang belum bisa bersinergi dengan Tawakalna maka keberangkatan diundur menjadi 23 Desember.

"Kamu muslimin Indonesia sudah jenuh dan tidak percaya kepada pemerintah. Realitinya sekarang kaya gini, orang masih on schedule liburan ke luar negeri, tetapi kenapa tidak dengan umrah," kata dia.

Di pertengahan pandemi virus Corona, Arab Saudi sempat melarang kedatangan jemaah umrah Indonesia karena perbedaan vaksin. Kini, situasi sudah berubah, Arab Saudi menerima semua jenis vaksin.

"Sekarang yang jadi masalah adalah kurangnya konsistensi pemerintah," dia menegaskan.

Pemerintah sedang mengupayakan cara lain sebagai pelipur lara, yaitu mengusahakan keberangkatan satu grup saja di tanggal 23 Desember. Namun berangkat atau tidak, belum ada kepastian.

"Kami siap pemilik operator tur haji dan umrah siap berangkat. Dokumen kami lengkap, kalau mau bilang ini umrah percobaan ya memang umrah percobaan," kata Rizky.

Kabarnya, umrah ditunda sampai 2 Januari 2022. Nantinya, akan ada evaluasi dari Satgas Covid-19 terkait hal tersebut.

"Sedih dan kecewa banget dengan kebijakan ini. Harapannya, haji dan umrah dipermudah, karena kami bukan wisata tapi perjalanan ibadah," kata dia.



Simak Video "Penantian Jemaah Akhirnya Bisa Berangkat Umroh di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA