Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Des 2021 16:37 WIB

TRAVEL NEWS

Pusat Kuliner di Anyer Bakal Jadi Destinasi Unggulan

Sentra Kuliner Sriwijaya di Malang
Ilustrasi sentra kuliner (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Jakarta -

Bergeliatnya sektor industri di Kota Cilegon, Banten rupanya tidak sejalan dengan penyelesaian masalah pengangguran. Pusat kuliner Anyer bakal dibangun dan diharap menjadi solusi tambahan.

Kota yang dikenal sebagai Kota Industri itu justru menempati rangking kedua sebagai wilayah dengan jumlah pengangguran tertinggi di Indonesia.

Kenyataan pahit itu dinilai Menparekraf Sandiaga Sandiaga Uno menjadi tanggung jawab bersama. Terlebih masyarakat kini tengah dalam situasi yang serba sulit imbas pandemi covid-19.

"Pengangguran di Cilegon menjadi nomor dua tertinggi di Indonesia atau di Provinsi Banten sebesar 12 persen lebih, ini menjadi satu PR (Pekerjaan rumah) buat kita," ungkap Sandiaga Uno ketika menghadiri pembukaan Restoran The Surosowan di area The Royale Krakatau Hotel, Cilegon, Banten pada Rabu (22/12/2021).

Oleh karena itu, dirinya mendorong pembangunan industri kreatif di Kota Cilegon. Sebab, diketahui, sektor ekonomi kreatif memberikan peluang penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

"The Surosowan ini adalah salah satu industri kreatif yang harus didukung karena membuka lapangan kerja, dan bisa menjadi penopang dari industri yang ada di kota Cilegon," ungkap Sandiaga.

"Saya punya program untuk menghadirkan infrastruktur ekonomi kreatif, karena itu saya mengundang Kota Cilegon juga mengikuti proses uji petik sebagai kota kreatif. Selain jadi kota industri, juga jadi kota kreatif," jelas dia.

Menparekraf Sandiaga UnoMenparekraf Sandiaga Uno di Restoran The Surosowan di area The Royale Krakatau Hotel, Cilegon (Foto: Kemenparekraf)

Selain itu, lanjutnya, pengembangan sektor ekonomi kreatif di Kota Cilegon dapat dilakukan di dua buah pulau, yakni Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil.

Pulau yang menyerupai Sentosa Island itu menurutnya menyimpan potensi sebagai ruang pemasaran beragam produk ekonomi kreatif miik mayarakat lokal.

"Kita bisa bangun infrastruktur ekonomi kreatif dalam bentuk creative hub, tujuannya agar UMKM bisa memasarkan produk-produk ekonomi kreatif yang menurut saya sudah punya kualitas ekspor," ungkap Sandiaga.

"Ini yang harus kita berikan fasilitasi," ujarnya bersemangat.

Pernyataan Sandiaga disambut gembira oleh Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian. Bersamaan dengan ucapan terima kasih, ia berharap agar Kemenparekraf dapat membantu Pemkot Cilegon dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ada satu planing (rencana) kami, sudah kami budget-kan untuk pusat sentralisasi kuliner di Kota Cilegon yang ada nanti ke arah menuju ke Anyer," ungkap Helldy.

"Mudah-mudahan ini bisa dikolaborasi, dibantu, direalisasi di Kota Cilegon, itu harapan kami," ujarnya berharap.



Simak Video "Cekcok Pemobil dengan Polisi Karena Jalan Anyer Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA