Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Des 2021 15:11 WIB

TRAVEL NEWS

Menkes: Jangan ke Luar Negeri, Indonesia Lebih Aman

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Menkes Budi Gunadi Sadikin (Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengimbau traveler agar jangan ke luar negeri selama libur Nataru karena ada varian Omicron. Dia menyebut di Indonesia lebih aman.

Varian Omicron diketahui telah masuk ke Indonesia. Berdasarkan penelusuran, varian tersebut bukanlah berasal dari dalam negeri, melainkan impor dari luar. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengimbau agar traveler tidak berpergian ke luar negeri dulu.

"Jangan ke luar negeri. Kasus varian Omicron itu berasal dari luar negeri. Imported case. Di Indonesia lebih aman," kata Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di Menara Bank Mega Jakarta, Rabu (22/12/2021) malam.

Budi Gunadi menambahkan, persentase rakyat Indonesia yang bisa bepergian ke luar negeri untuk liburan tidak besar. Alangkah baiknya jika keinginan pergi ke luar negeri itu ditahan dulu.

"Orang ke luar negeri itu kan mungkin hanya 20 ribu-30 ribu orang Indonesia yang mampu ke sana, pasti untuk liburan. Cobalah pada kesempatan ini ditahan dulu keinginan untuk berlibur," alumni ITB itu menambahkan.

Menkes Budi Gunadi pun mengingatkan resiko liburan ke luar negeri saat ini bukan hanya pada diri sendiri saja, tapi juga bisa membahayakan keluarga, hingga jutaan rakyat Indonesia.

"Kenapa? Karena sangat berisiko tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarganya, tetangganya, dan seluruh rakyat Indonesia. Kalau bisa dibatalkan saja deh, nanti ke luar negerinya setelah reda," kata Menkes Budi.

Budi mengaku tidak bisa melarang WNI untuk pergi ke luar negeri karena bukan tupoksinya, namun pihaknya bisa melakukan deteksi hingga melakukan karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

"Jangan ke luar negeri deh. Kamu tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga exposing the risk untuk orang tua, keluarga, dan jutaan rakyat Indonesia. Indonesia lebih aman dari luar negeri," kata Menkes BGS.



Simak Video "Menkes Upayakan PeduliLindungi Jadi 'Paspor Kesehatan' di Negara G20"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA