Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 23 Des 2021 16:05 WIB

TRAVEL NEWS

Secercah Harapan, Indonesia Berangkatkan Tim Umrah Uji Coba

Mecca , Saudi Arabia , Oct/22/2020 - Pilgrims circle the Kaaba at Masjid al-Haram - umrah Fewer Muslims people socially distanced corona virus wearing face mask Covid 19
Ilustrasi umrah (Foto: iStock)
Jakarta -

Ibadah umrah masih ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Hari ini, pemerintah melepas umrah uji coba yang diikuti berbagai asosiasi.

Dalam siaran resmi, Kamis (23/12/2021), Amphuri salah satunya, ikut dalam sistem umrah uji coba Indonesia-Arab Saudi yang hari ini berangkat ke Jeddah.

"Mereka mengemban misi sebagai duta bangsa yang akan menguji coba sistem link teknis aplikasi pelaksanaan umrah kedua negara yaitu Siskopatuh-Peduli Lindungi untuk Indonesia dan Tawakalna untuk Saudi Arabia," kata Rizky Sembada, wasekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri).

"Tentu saja, diharapkan juga tidak terjadi kasus Covid di saat kepulangan mereka nantinya alias zero accident. Disiplin dalam melaksanakan protokol Covid-19 sejak berangkat sampai dengan kepulangan menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan uji coba umrah ini," dia menambahkan.

Proses serta tahapan yg akan dilalui oleh seluruh tim advance dimulai sejak karantina satu malam dan screening kesehatan, swab PCR persiapan bimbingan perjalanan oleh Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Mereka kemudian dilepas bersama menuju bandara.

Menurut aturan kementerian haji Arab Saudi, secara umum, setiba di Tanah Suci, kemungkinan akan dilakukan karantina selama tiga hari bagi pengguna vaksin Sinovac dan bebas karantina bagi empat vaksin yang di tetapkan Arab Saudi.

"Dan, tentunya semua tetap di PCR di Jeddah. Adapun buat keberangkatan kita kali ini kita belum tau apa kira-kira yang akan diberlakukan di Jeddah saat kedatangan kami," kata dia.

"Setelah selesai di Jeddah tim berangkat ke Madinah untuk mengunjungi Masjid Nabawi dan mengambil miqot selanjutnya ke Mekkah. Tim direncanakan kembali ke Tanah Air tanggal 1 Jan 2022 atau bisa jadi extended melihat kondisi kedatangan nanti. Insyaa Allah," dia menambahkan.

Tim umrah uji cobaTim umrah uji coba (Foto: Rizky Sembada/Istimewa)

"Kita berharap misi uji coba ini mampu memberikan hasil yang maksimal dan kembali dengan membawa bahan evaluasi untuk menjadi sebuah Regulasi yg bisa di tetapkan untuk umroh berikutnya oleh calon jemaah Indonesia," ujar Rizky.

Umrah uji coba yang berangkat hari ini terdiri dari pemilik PPIU yang tergabung dalam lintas asosiasi, di antaranya Amphuri, Himpuh, Ampuh, Sapuhi, Asphuri dan Asphurindo.

Dari Amphuri ikut serta lima orang pengurus DPP di antaranya Waketum Azhar Gazali, Wasekjen Rizki Sembada, Ketua Koperasi ABM Amal, Kabid Ismail, Wakabid Hubungan Luar Negeri Syaiful Bahri.



Simak Video "Heboh Wanita Asal Malaysia Kenakan Pakaian Ihram Laki-laki di Makkah"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA