Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 23 Des 2021 22:35 WIB

TRAVEL NEWS

4 Instalasi Rabbit Town Bandung yang Dinilai Plagiat

Tim detikcom
detikTravel
Rabbit Town Bandung yang diduga menjiplak karya seniman luar negeri
Foto: Pool
Bandung -

Rabbit Town Bandung jadi buah bibir lantaran salah satu instalasinya terbukti memplagiat karya seni asal Amerika Serikat. Selain itu, masih ada instalasi lain yang dinilai menjiplak.

Rabbit Town Bandung merupakan tempat wisata hits di Kota Kembang. Destinasi ini menawarkan berbagai kegiatan, mulai dari edukasi satwa, pusat kuliner, hingga lokasi berburu foto Instagramable.

Banyak orang tertarik datang ke sana karena terdapat sejumlah instalasi yang cantik. Namun sejak awal destinasi ini dibuka tahun 2018, kontroversi soal indikasi plagiasi terus mengemuka.

Pembahasan tentang plagiasi ini ramai diperbincangkan di media sosial. Netizen menilai, beberapa instalasi di sana meniru karya seni yang sudah ada di luar negeri.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, berikut ini 4 instalasi Rabbit Town Bandung yang dinilai plagiat:

1. Instalasi pisang



Netizen menemukan instalasi pisang tergantung berwarna kuning dan pink yang berada di Rabbit Town Bandung itu mirip dengan yang ada di Museum Ice Cream Los Angeles, Amerika Serikat.

2. Instalasi es krim terbalik



Instalasi lainnya yang dinilai plagiat adalah lampu berbentuk es krim cone yang digantung terbalik. Instalasi ini mirip dengan yang ada di Museum Ice Cream Los Angeles.

3. Instalasi stiker warna-warni



Di Rabbit Town Bandung terdapat instalasi berupa ruang putih yang dihiasi lingkaran berwarna-warni. Instalasi ini disebut mirip dengan karya Yayoi Kusama di Galeri Nasional Singapura.

4. Instalasi Love Light



Love Light di Rabbit Town Bandung telah terbukti menjiplak karya seni Chris Burden asal Amerika Serikat bernama Urban Light.

Dalam putusan perkara Nomor 1138 K/Pdt.Sus-HKI/2021 jo. No.31/Pdt.Sus-Hak Cipta/2020/PN.Niaga.Jkt.Pst dinyatakan majelis hakim menolak permohonan kasasi dari pemohon yakni PT Pasti Makan Enak dan Henry Husada.

Rabbit Town Bandung yang terbukti melanggar hak cipta harus memusnahkan karya seni instalasi Love Light paling telat 30 hari, memusnahkan segala bentuk apapun dari tulisan dan gambar Love Light, membayar ganti rugi sebesar Rp 1 miliar secara tunai, dan mengumumkan permintaan maaf secara terbuka di media nasional Indonesia.



Simak Video "Suasana Love Light di Rabbit Town Bandung Usai Dinyatakan Plagiat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA