Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Jan 2022 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Waduh, Tahun 2022 Jadi Malam Tahun Baru Terpanas di Inggris

bonauli
detikTravel
Fireworks explode behind the Elizabeth Tower, commonly known as Big Ben, during New Years Eve celebrations in London, Britain, January 1, 2018.  REUTERS/Toby Melville
Ilustrasi pergantian tahun di Menara Big Ben (REUTERS/Toby Melville)
London -

Kenaikan suhu panas tercatat di beberapa negara. Di awal tahun 2022, Inggris sudah memecahkan rekornya sendiri.

Inggris mengalami kenaikan suhu udara di atas 16 derajat Celcius atau 60,8 Fahrenheit untuk pertama kalinya bertepatan dengan perayaan tahun baru 2022 pada Sabtu (1/1).

Demikian diumumkan Badan Meteorologi Inggris yang sekaligus mengungkap detail fenomena tersebut.

Berdasarkan data Met Office, tercatat Merkuri naik ke 16,2C di pusat kota London, di St James's Park. Angka ini mengalahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan di Cornwall pada tahun 1916 sebesar 15,6C.

Ini menjadi malam tahun baru terpanas dalam catatan Inggris setelah beberapa kota di Inggris memecahkan rekor suhu tertinggi sebelumnya pada tahun 2011.

Kenaikan suhu ini membuat Somerset House di London menutup gelanggang es pada Sabtu (1/1), setelah para pejabat setempat mengatakan kenaikan suhu tersebut mempengaruhi kualitas es.

"Kenaikan suhu ini disebabkan oleh aliran udara yang mendorong udara hangat dan lembab dari Kepulauan Canary, lebih jauh ke selatan di Atlantik," kata Kantor Meteorologi dikutip dari AFP.

Kendati demikian, petugas mencatat bahwa suhu udara pada siang hari diperkirakan akan turun hingga mencapai 3 derajat Celcius di ibu kota Skotlandia, Edinburgh. Diperkirakan udara yang lebih dingin akan masuk pada pertengahan minggu.

Sementara itu berdasarkan keterangan Mike Kendon dari Pusat Informasi Iklim Nasional, dalam ringkasan yang diterbitkan oleh Met Office, mencatat suhu selama 2021 secara keseluruhan sedikit lebih hangat dan sedikit lebih kering dari rata-rata.

"Tahun 2021 kemungkinan masuk dalam 20 tahun terpanas dalam catatan Inggris, rangkaian yang dimulai pada tahun 1884, karena iklim kita memanas," imbuhnya.



Simak Video "Dubes Israel Dievakuasi dari Kampus di London, Sorakan-Cemoohan Bergema"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA