Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jan 2022 13:13 WIB

TRAVEL NEWS

Kapan Garuda Angkut Lagi Jamaah Umrah?

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa vaksin COVID-19 tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat itu mendarat sekitar pukul 21.30 WIB.
Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Jakarta -

Indonesia mulai memberangkatkan lagi jamaah umrah ke Arab Saudi menggunakan maskapai Lion Air. Kapan Garuda Indonesia menyusul? Rupanya Garuda Indonesia masih mempersiapkan hal-hal teknis terkait keberangkatan jamaah terutama masalah karantina.

"Sabar, kita concern soal karantina pulang jamaah tersebut," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra ketika dihubungi detikTravel.

Sebelumnya pemerintah melepas ratusan jamaah umrah dari Asrama Haji Pondok Gede, pekan lalu, setelah 2 tahun Arab Saudi menutup pintu haji dan umrah.

"Kita bersyukur bahwa setelah penantian begitu lama, ada 2 tahun, dan bahkan sempat kita diberi kesempatan berita dari Saudi Arabia untuk melaksanakan umrah di awal tahun ini, akhirnya karena sesuatu hal jemaah haji dan umrah tidak bisa pergi ke Tanah Suci. Tentu ini menjadi kerinduan kita semua," ucap Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief.

Pelepasan tersebut dihadiri Direktorat Jenderal Haji dan umrah Kemenag Hilman Latief, Wakil Kedutaan Besar Arab Saudi, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin, dan Direktur Utama Samira Travel Fauzi Wahyu Muntoro.

Hilman mengimbau para jemaah umrah tetap mematuhi aturan dan prokes yang ada, baik saat di Indonesia maupun ketika telah sampai di Arab Saudi. Dia mengatakan sikap jemaah umrah yang saat ini diberangkatkan akan berdampak pada keberangkatan jemaah umrah berikutnya.

"Banyak sekali tahapan dalam suksesnya pemberangkatan umrah ini. Karena itu, saya memberikan pesan kepada jemaah umrah untuk tetap menaati aturan yang berlaku di Tanah Air dan Arab Saudi," ujarnya.

"Anda harus ingat, kedisiplinan Anda di Saudi nanti modal bagi kita bisa berangkatkan jemaah umrah selanjutnya," sambungnya.

Pada pelepasan jemaah umrah kloter pertama, terdapat 419 jemaah. Hilman menyebut keseluruhan ada 59 ribu jemaah yang tertunda.

"Dilepas 419 jemaah. Ada 59 ribu tertunda, sekarang 500-an terkirim, masih banyaklah. Jadi ini umrah istimewa, umrah rasa haji dan umrah kebangsaan," ujarnya.

Maskapai Lion Air kembali melakukan penerbangan perdana non-stop dari Jakarta ke Madinah pada 8 Januari 2022. Pesawat yang digunakan jenis Airbus 330-900NEO dengan seluruh awak dan jemaah sudah lolos syarat yang diperlukan.

"Penerbangan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan nomor terbang JT-1110, pesawat lepas landas pada 13.10 dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah pukul 19.30 waktu setempat," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro.

Simak video 'Jemaah Umroh Diberangkatkan Meski Omicron Mewabah, Ini Kata Kemenag':

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA