Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Jan 2022 09:30 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah Penampakan Baru Concourse Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Concourse yang berada di zona 1 Candi Borobudur.
Concourse di Zona 1 Candi Borobudur. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Pembangunan concourse (area terbuka) di zona 1 kompleks Candi Borobudur sudah mencapai 97 persen. Pemandangan terlihat lebih indah dan membuat pengunjung lebih nyaman.

Terkait pembangunan concourse tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan peninjauan, Jumat (14/1/2022).

Dalam peninjauan tersebut, ia didampingi Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita, Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyati, Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Untari, Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husein dan lainnya.

"Itu harus ditingkatkan concourse ini sudah lihat juga 97 persen tinggal dirapikan," kata Sandiaga.

Concourse yang berada di zona 1 Candi Borobudur.Concourse di Zona 1 Candi Borobudur. Foto: Eko Susanto/detikcom

Sandiaga memastikan, pembangunan di concourse tidak menyalahi guidance dan tidak menyalahi kaidah. Pembangunan ini telah dikonsultasikan dengan pihak-pihak yang berkompeten.

"Pada intinya saya pastikan bahwa pembangunan ini (concourse) tidak menyalahi guidance, tidak menyalahi kaidah dan ini kita lakukan sepenuhnya dengan konsultasi terhadap pihak-pihak yang berkompeten. Jadi dapat kita pastikan bahwa pembangunan ini semua dalam lingkup koridor yang sudah ditetapkan mengenai kelestarian dari Borobudur," katanya.

Concourse yang berada di zona 1 Candi Borobudur.Concourse di Zona 1 Candi Borobudur. Foto: Eko Susanto/detikcom

Dalam kesempatan yang sama, Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Untari menambahkan, TWC selaku pengelola Candi Borobudur sangat senang dengan adanya penambahan dan perubahan concourse.

"Sangat-sangat senang sekali dengan adanya penambahan dan juga perubahan concourse ini semakin lebih bagus. Kenyamanan pengunjung jauh lebih baik lagi ke depan dan tentunya kami berharap kita berkolaborasi dengan BKB (Balai Konservasi Borobudur) untuk mempersiapkan kunjungan naik untuk naik ke struktur candi," kata Emil.

Berdasarkan pantauan detikTravel, tadi terlihat beberapa wisatawan yang datang telah berfoto-foto di concourse dengan latar belakang Candi Borobudur. Kemudian, keberadaan jalan di kanan dan kiri semakin lebar. Selain itu, sekarang terlihat lebih rapi dan bersih.



Simak Video "Sandiaga Umumkan Wisatawan Akan Bisa Kembali Naik ke Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA