Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jan 2022 11:23 WIB

TRAVEL NEWS

Sambut G20, Taman Mini Bakal Dipercantik

Eko Susanto
detikTravel
Suasana TMII menjelang perayaan tahun baru 2022
Taman Mini Indonesia Indah (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
Magelang -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta akan dipercantik dengan penataan khusus. Penataan tersebut dilakukan untuk menyongsong event G20 mendatang.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono mengatakan, mulai bulan ini sudah dimulai penataan kawasan Taman Mini. Diharapkan sekitar Agustus atau paling lambat bulan September revitalisasi fisik sudah selesai.

"Mulai bulan Januari, itu sudah kick off penataan kawasan ini sudah dimulai. Kita berharap sekitar Agustus paling lama September tahap revitalisasi fisik bisa selesai untuk menyongsong kegiatan G20. Kita berharap nanti ada satu kegiatan side event G20 di Taman Mini, seperti juga di Borobudur, Prambanan. Borobudur, Prambanan itu juga menjadi tempat untuk side event G20 juga, tapi kalau Borobudur, Prambanan sudah ready tinggal pembenahan sedikit, tapi kalau Taman Mini perlu renovasi dan lain-lain," kata Edy kepada wartawan di sela-sela Soft Opening Borobudur Edupark di Mungkid, Kabupaten Magelang, Sabtu (15/1/2022).

Terkait dengan penataan tersebut, nantinya ditutup sementara bagi wisatawan atau tetap dibuka masih dikaji. Hal tersebut nantinya akan melihat aktivitas konstruksi dalam penataan.

Edy Setijono, Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC)Edy Setijono, Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Foto: (Eko Susanto/detikcom)

"Jadi ada tahapan nanti, ini masih dikaji. Karena di bulan satu, bulan dua, aktivitas konstruksinya belum tinggi sekali, ya mungkin nanti dimulai bulan ketiga, keempat, kelima, keenam ketika aktivitasnya sudah sangat krodit itu memang harus kita tutup," ujar Edy.

"Insya Allah di Agustus, September, pokoknya begitu dah selesai, kita relaunch di akhir tahun kemungkinan dalam rangka G20," tuturnya.

Edy menjelaskan, untuk tahap pertama masih penataan kawasan guna mengembalikan sebagaimana layout yang ada. Taman Mini harus menjadi tempat yang betul-betul untuk melihat keindahan kebudayaan bangsa Indonesia.

"Jadi tahap pertama ini masih penataan kawasan, jadi kawasannya kita kembalikan lagi dalam lay out yang semestinya. Taman mini ini kan harus menjadi bahasa kami showcase of beauty Indonesia beauty, itu harus menjadi betul-betul tempat orang melihat keindahan budayanya bangsa kita. Kalau sekarang kan banyak fungsi-fungsi komersial lain yang masih tumpang tindih, nah itu sedang kita tata ulang. Jadi orang datang kesitu, dia betul-betul bisa merasakan suasana budaya Indonesia," tuturnya.



Simak Video "Antrean Tiket TMII Mengular dan Bikin Macet, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Wajah Baru TMII
BERITA TERKAIT
BACA JUGA