Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jan 2022 20:20 WIB

TRAVEL NEWS

PVBMG: Indonesia Punya 6 Gunung Bawah Laut, 2 Pernah Meletus Seperti di Tonga

Tim detikcom
detikTravel
Dahsyatnya erupsi Gunung Bawah Laut Tonga berdampak ke sejumlah negara salah satunya Selandia Baru. Selain itu, erupsi pun memicu tsunami di pantai barat AS.
Foto: Erupsi gunung api bawah laut Tonga (NICT via AP)
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada enam gunung berapi bawah laut di Indonesia. 2 Di antaranya pernah meletus seperti di Tonga.

6 Gunung berapi bawah laut itu saat ini tengah dipantau aktivitasnya. Sebanyak dua di antaranya disebut pernah meletus dan menyebabkan tsunami seperti di Tonga.

Adapun daftar gunung api itu merupakan Sangir dan Banua Wuhu yang terletak di Perairan Sangir. Kemudian gunung Emperor of China dan Nieuwekerk di perairan Maluku. Terakhir gunung Yersey dan Hobal di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dari sejarah yang mengakibatkan tsunami (adalah) gunung Hobal dan Banua," kata Kepala PVMBG Andiani, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Minggu (16/1/2022).

Kepala PVMBG Andiani menyebut bahwa dua dari enam gunung api tersebut pernah menyebabkan gelombang tsunami di Indonesia saat terjadi letusan.

Namun demikian, kata Andiani, aktivitas gunung api tersebut tak memiliki dampak besar terhadap terjadinya tsunami di Tanah Air. Menurut dia, letak kawah gunung api itu di bawah permukaan laut yang sangat dalam.

"Letak kawahnya lebih dari 500 meter dari permukaan laut (termasuk dalam), maka berdasarkan catatan atau bukti sejarah menunjukkan dampak yang kecil untuk terjadi tsunami," ucapnya.

Diketahui, insiden tsunami itu terjadi pada Sabtu (15/1) kemarin. Sejumlah negara tetangga mewaspadai peringatan tsunami di area pesisir Samudera Pasifik usai gunung berapi bawah laut di kawasan.Di sisi lain, aktivitas gunung api tersebut dinilai tak akan terpengaruh dengan letusan gunung api di kawasan perairan negara kepulauan Tonga hingga mengakibatkan tsunami.

"Berdasarkan data kejadian erupsi suatu gunung api tidak mempengaruhi aktivitas gunung api lainnya, hal ini jika berlaku untuk gunung Tonga," pungkasnya.

Tonton video 'Detik-detik Letusan Gunung Berapi Dalam Laut di Tonga':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Kondisi Terkini Tonga Usai Letusan Dahsyat Gunung Api - Tsunami"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA