Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jan 2022 14:47 WIB

TRAVEL NEWS

Pantai Kenjeran akan Bersolek Lagi, Tunggu Kejutannya

Esti Widiyana
detikTravel
Pantai Kenjeran akan dipercantik
Pantai Kenjeran (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kawasan Pantai Kenjeran, Surabaya akan disulap lebih cantik. Seperti apa rencananya?

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berencana menggabungkan Jembatan Suroboyo dengan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran dengan konsep baru.

Selain itu, Pantai Kenjeran lama juga akan dihubungkan dengan Kenjeran Park (Kenpark). Namun, Eri menyebut penggabungan ini akan ditambah dengan sejumlah inovasi baru.

Nantinya, Wisata Pantai di Surabaya tidak lagi monoton. Tetapi, akan dihidupkan kembali dengan wajah baru. Sehingga, dapat memikat wisatawan dan dapat membangkitkan perekonomian melalui UMKM.

Eri mengatakan, pihaknya berencana membuat sebuah penghubung over dike (di atas tanggul) hingga tengah laut. Lalu, di tengah laut akan ada wahana air yang bisa diakses ketika laut sedang surut.

"Jembatan Suroboyo akan saya koneksikan dengan Kenjeran. Nantinya Kenjeran ke depannya akan saya investasikan, saat surut kan jelek, terus siapa yang akan ke sana, karena pantai kita bukan pantai selatan, tapi pantai utara. Sehingga kita buatkan over dike sampai batas surut, nanti di tengah over dike sampai tengah laut dibuatkan perosotan di tengah laut. Kalau bisa di Kenjeran, kenapa harus ke Bali," kata Eri saat ditemui detikJatim di rumah dinasnya Jalan Sedap Malam, Jumat (28/1/2022).

Untuk revitalisasi dan pembangunan, Pemkot Surabaya berencana menggandeng pihak swasta. Bahkan, kata Eri, Presiden Jokowi pernah menyampaikan untuk menggunakan APBN, investor untuk kepentingan umum.

"Bayangkan investor membuat itu, banyak orang akan datang, ketika banyak orang datang, yang mendapat hasilnya UMKM, masyarakat sekitar. Kalau APBD berapa ratus miliar, tapi ya lama (proses revitalisasi)," ujarnya.

Pihak swasta yang digandeng Pemkot adalah Kenpark. Eri juga sudah bertemu dengan pemilik Kenpark, dan sama-sama memiliki tujuan untuk mengembangkan wisata.

Kendati demikian, ia masih belum bisa menjelaskan secara gamblang konsep kerja sama untuk menghubungkan Kenpark dengan Kenjeran lama atau THP Kenjeran. Tetapi ke depannya, kedua wisata pinggir pantai ini bisa terhubung dan wisatawan lebih leluasa menikmati wisata pantai.

"Kalau nanti Pemkot mengembangkan yang di Kenjeran lama otomatis bisa di-connect-kan dengan Kenpark. Kalau meningkat ya sama-sama mau dong. Kenpark sudah ada Atlantis dan lainnya, nanti di-connect-kan dengan Kenjeran ada laser show air, perosotan tengah laut kan connect. Ini akan menjadi kolaborasi pemerintah dengan swasta. syaratnya orang Surabaya bisa jualan disana," jelasnya.

Rencana revitalisasi wisata pantai mulai Jembatan Suroboyo, Kenjeran lama dan Kenpark akan dilakukan 2022. Pihaknya sudah memiliki gambaran konsep yang nantinya dibahas bersama beberapa pihak.

"InsyaAllah tahun 2022 ini. Kita sudah membuat gambaran lagi, kita undang investor siapa yang mau. Nanti saya juga akan mengundang stakeholder di Surabaya, Perguruan tinggi," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk informasi dan berita seputar Surabaya, Malang, dan daerah-daerah di Jatim, klik di sini.



Simak Video "Saksi Mata Cerita soal Perosotan Kenpark Surabaya Ambrol"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA