Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Feb 2022 05:42 WIB

TRAVEL NEWS

Sedulur, Terminal A Bandara Adisutjipto Jogja Kembali Beroperasi

Tim detikcom
detikTravel
Bandara Adisutjipto Yogya
Bandara Adisutjipto Yogya (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Bandara Adisutjipto Yogyakarta kembali mengoperasikan Terminal A untuk keberangkatan penumpang. Perpindahan alur keberangkatan dari Terminal B ke Terminal A itu demi meningkatkan pelayanan terhadap penumpang.

"Mulai 1 Februari 2022, alur keberangkatan yang sebelumnya menggunakan Terminal B kami kembalikan ke Terminal A. Sehingga seluruh operasional di Bandara Adisutjipto akan terpusat di Terminal A, dan Terminal B akan dinonaktifkan," kata General Manager Bandar Udara Adisutjipto Agus Pandu Purnama dalam keterangan tertulis, Rabu (2/2/2022).

Ya, sejak awal 2020, Bandara Adisutjipto Yogyakarta memindahkan alur keberangkatan ke Terminal Internasional atau Terminal B. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan beban operasional bandara pada masa pandemi.

Terminal A yang tidak dioperasikan lalu dimanfaatkan menjadi area publik dan UMKM dengan nama TILAS atau Titik Lawas Adisutjipto.

"Perpindahan kembali keberangkatan ke Terminal A kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Dengan area yang lebih luas dan kapasitas ruang tunggu yang lebih besar, Terminal A tentu lebih nyaman bagi para pengguna jasa kami," ujar Agus Pandu.

Pemanfaatan Terminal A sebagai terminal keberangkatan, kata Agus Pandu, dilakukan sebagai langkah cost leadership. Sebab, selama masa pandemi Bandara Adisutjipto hanya melayani 12 pergerakan pesawat.

Adapun rinciannya yaitu, 6 pesawat dengan rute dari dan menuju Halim dan 6 pesawat dengan rute dari dan menuju Surabaya.

"Namun, pada akhir November 2021, bandara kami mulai melayani rute baru menuju Denpasar dan Bandung. Sehingga rata-rata pergerakan per hari mencapai 20 pergerakan," kata dia.

Oleh karena itu, dengan kembali beroperasinya Terminal A, Pandu berharap dapat mengakomodasi kenaikan permintaan perjalanan udara.

"Beroperasinya Terminal A Bandara Adisutjipto kami harap juga dapat meningkatkan pengunjung TILAS Adisutjipto," kata dia.

Lihat juga video 'Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA