Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Feb 2022 12:49 WIB

TRAVEL NEWS

Suasananya Prancis Banget padahal di Kediri, ke SLG Saja!

Andhika Dwi
detikTravel
Simpang Lima Gumul
Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri, salah satu destinasi wisata Indonesia rasa luar negeri. (Aisa Marisa/d'Traveler)
Kediri -

Kediri memiliki satu monumen yang mirip dengan Arc De Triomphe di Prancis. Singgahlah ke Monumen Simpang Lima Gumul (SLG).

SLG merupakan bagian dari Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dinamakan Simpang Lima Gumul karena monumen itu berada di persimpangan jalur lima.

Monumen SLG termasuk salah satu tempat di Tanah Air yang berjuluk 'Indonesia rasa luar negeri'. Sebab, struktur monumen yang megah ini memang mengingatkan pada monumen terkenal di Paris Perancis, Arc de Triomphe. Arc de Triomphe adalah gapura atau monumen kemenangan di Paris, Prancis, yang dibangun Napoleon untuk menghormati jasa perjuangan pasukannya.

Pembangunan SLG digagas tahun 2003 saat era Bupati Sutrisno. Pembangunannya memakan waktu lima tahun. Monumen itu diresmikan tahun 2008.

Monumen tersebut memiliki luas bangunan 804 meter persegi. Tingginya mencapai 25 meter yang terdiri dari 6 lantai, serta ditumpu 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka luas dan tinggi monumen tersebut mencerminkan tanggal, bulan, dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 Maret 804 Masehi.

Monumen Simpang Lima GumulMonumen Simpang Lima Gumul (Andhika Dwi/detikcom)

Jika berada di atap monumen, pengunjung bisa menyaksikan keindahan panorama Kediri dari atas. Sedangkan pada sisi-sisi monumen terdapat pahatan relief yang menggambarkan sejarah Kediri, kesenian, dan kebudayaan yang ada saat ini.

Monumen SLG populer sebagai objek wisata murah meriah bagi warga Kediri dan sekitarnya. Saat sore, pelatarannya tak pernah sepi pengunjung. Ada yang memilih untuk bersantai sembari piknik tipis-tipis. Ada pula yang jeprat-jepret foto demi unggahan fotogenik di Instagram.

Saat malam hari pun Monumen Simpang Lima Gumul tak pernah kekurangan pengunjung. Pasalnya, struktur monumen sudah dilengkapi penerangan yang menjadikannya tampak semakin cantik.

Meskipun di masa pandemi COVID-19, kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama Sabtu dan Minggu pagi. Mereka biasanya berolaraga di jogging track, rekreasi bersama keluarga, dan juga menikmati ramainya pasar Sabtu Minggu (Tugu). Meski ramai, pengunjung diharap mematuhi protokol kesehatan. Yuk ke Monumen Simpang Lima Gumul!



Simak Video "Berfoto Ria, Abadikan Momen di Eksotisme Monumen Simpang Lima Gumul Pada Malam Hari, Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA