Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Feb 2022 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

Wisma TMII Jadi Tempat Isolasi COVID

bonauli
detikTravel
Masa karantina dari luar negeri kini mengalami perubahan. Kalau sebelumnya karantina dari luar negeri tujuh hari, kini dipangkas menjadi lima hari.
Ilustrasi karantina (Getty Images/Patrick Chu)
Jakarta -

Graha Wisma Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dijadikan lokasi isolasi terkendali (isoter) pasien COVID-19. Wisma TMII sudah menerima pasien tanpa gejala sejak pekan ini.

"Benar, untuk Graha Wisata TMII sudah menerima pasien OTG Covid-19 sejak Senin, 7 Februari 2022," kata Kepala Unit Pengelola Anjungan dan Graha Wisata Disparekraf DKI Jakarta Yayang Kustiyawan saat dihubungi, Kamis (10/2/2022).

Yayang mengatakan Wisma TMII telah terisi oleh 25 pasien COVID-19 tanpa gejala. Bahkan, kata dia, rencananya akan ada 3 pasien baru yang menempati wisma tersebut.

"Sampai sekarang pasien yang akan masuk dan sudah terdata di Graha Wisata TMII baru berjumlah 3 orang, namun jumlah ter

sebut masih bisa bertambah sampai dengan sore nanti," jelasnya.

Total kapasitas tempat tidur yang disiapkan di Wisma TMII sebanyak 100 buah. Kendati demikian, Yayang menuturkan pihaknya hanya menerima pasien positif COVID-19 dari rujukan puskesmas.

"Pasien yang masuk dan isolasi di Graha wisata TMII seluruhnya berasal dari rujukan puskesmas," terangnya.

Selain Wisma TMII, pihaknya juga mempersiapkan Wisma Ragunan di Jakarta Selatan sebagai tempat isoter. Rencananya, wisma ini bakal menerima pasien COVID-19 pada Sabtu mendatang.

"Informasi yang kami terima rencananya paling lambat hari Sabtu pasien akan masuk di Graha Wisata Ragunan," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta bakal mempersiapkan tempat isolasi terpusat, seperti GOR, masjid, rusun, hingga wisma-wisma milik DKI.

"Akan kami aktifkan. Yang akan kami siapkan mudah-mudahan tidak dipakai ya. Kan ada juga Masjid Wahid Hasyim Asy'ari, masjid raya, berikutnya bisa pakai GOR, sedang kami inventarisasi ulang yang dulu kami siapkan," kata Sub Koordinator Bidang Kedaruratan dan Penanganan Pengungsi BPBD DKI Jakarta Wardaya saat dihubungi, Kamis (3/2).

Adapun lokasi isolasi terpusat yang dipastikan siap dalam waktu dekat ialah Graha Wisma TMII dan Ragunan, yang kapasitasnya sekitar 300 orang. Sementara itu, lokasi isolasi lainnya akan dipersiapkan secara bertahap tergantung kondisi pandemi COVID-19 di Ibu Kota.

"Kalau GOR itu sifatnya, kalau begitu mendesak, baru kami bergerak. Kalau graha kan sudah ada kamarnya, sudah ada kasurnya, Graha TMII dan Ragunan," terangnya.

Wardaya menuturkan ketentuan isolasi terpusat telah diatur dalam Keputusan Gubernur Nomor 891 Tahun 2021. Dalam aturan tersebut, terdapat 184 lokasi isolasi terpusat yang ditunjuk oleh Pemprov DKI.



Simak Video "Antrean Padat Pintu TMII saat Uji Coba Buka Terbatas Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA