Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 17 Mar 2022 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Vietnam Juga Hapus Aturan Karantina untuk Turis Asing

Putu Intan
detikTravel
Vietnam menjadi salah satu negara yang dinilai berhasil dalam menekan penyebaran virus Corona, sehingga beberapa tempat wisata sudah mulai ramai wisatawan lagi.
Foto: Getty Images/Linh Pham
Hanoi -

Vietnam menghapus aturan karantina untuk pelaku perjalanan internasional mulai Rabu (16/3/2022). Ini dilakukan untuk membangkitkan industri pariwisata.

Dengan dihapusnya aturan karantina di Vietnam, kini setiap turis asing yang masuk ke negara itu hanya perlu menyertakan hasil negatif dari tes COVID-19.

Sektor pariwisata menjadi andalan perekonomian Vietnam. Sektor ini menyumbang hingga USD 32 miliar dalam setahun. Sayangnya, akibat COVID-19, kegiatan pariwisata harus dihentikan sehingga negara itu merugi.

Pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran COVID-19 itu perlahan dilonggarkan dalam beberapa bulan terakhir. Turis asing diizinkan datang sejak November tahun lalu. Namun mereka dapat menginap dan bermain golf di resor yang menggunakan sistem bubble.

Sedangkan untuk pembukaan yang lebih luas, Vietnam mulanya berencana membuka perbatasan pada Juni 2022. Tetapi rencana itu dimajukan menjadi 15 Maret 2022.

Vietnam juga mengumumkan dimulainya kembali perjalanan bebas visa 15 hari untuk warga negara dari 13 negara, yaitu Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Inggris, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Belarusia.

Sementara itu untuk penanganan COVID-19, negara berpopulasi 97 juta orang itu melaporkan ditemukannya 200.000 kasus COVID-19 dalam sehari. Kasus itu meningkat seiring dengan ditemukannya varian Omicron.

Meskipun begitu, Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan situasinya tetap terkendali. Ini ditunjukkan dengan keterisian kamar rawat inap dan kematian yang rendah.

Para pejabat mengaitkannya dengan tingkat vaksinasi yang tinggi. Menurut Kementerian Kesehatan, sebanyak 98 persen orang dewasa sudah divaksin dengan dosis lengkap.

Saat ini Vietnam juga sedang melakukan upaya meluncurkan vaksin booster. Selain itu, anak-anak dan remaja juga akan menjadi sasaran program vaksinasi.



Simak Video "Diduga Mendistorsi Sejarah, 'Little Women' Dihapus dari Netflix Vietnam"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA