Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Mar 2022 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Putin Mati, Kebun Binatang Minnesota Berduka

bonauli
detikTravel
Putin, Harimau Amur
Putin, Harimau Amur (MN Zoo)
Minnesota -

Putin, seekor harimau Amur di Amerika Serikat, mati. Kematiannya membuat seisi kebun binatang bersedih.

Putin yang dimaksud bukan Presiden Rusia. Putin yang ini merupakan seekor harimau siberia yang berasal dari jauh Timur Rusia.

Dilansir dari media lokal, Putin adalah pejantan berusia 12 tahun yang dipelihara di Kebun Binatang Minnesota, Amerika Serikat.

"Ini adalah kehilangan yang mendalam," ujar staf kebun binatang.

Putin mengalami gagal jantung. Sebelum kematiannya, dokter hewan, teknisi kesehatan hewan dan penjaga kebun binatang sudah berupaya melakukan yang terbaik.

Harimau Amur adalah spesies yang terancam punah. Kurang dari 500 ekor lagi yang tersisa di alam liar.

Saat ini, 103 ekor harimau Amur tersebar di kebun binatang terakreditasi dunia. Harapan hidup rata-rata harimau di alam liar maupun di kebun binatang adalah 14016 tahun, menurut Asosiasi Kebun Binatang & Akuarium (AZA).

Kematian Putin menjadi salah satu duka. Putin lahir di sebuah kebun binatang di Republik Ceko tahun 2009. Setelah lahir, harimau langka ini memang langsung diberi nama Putin.

Putin kemudian menghabiskan enam tahun pertama di kebun binatang Denmark. Sampai akhirnya, Putin tiba di Kebun Binatang Minnesota pada tahun 2015.

"Adalah praktik umum untuk mempertahankan nama-nama hewan dewasa yang berasal dari lembaga zoologi lain, karena hewan tersebut memiliki sejarah menanggapi nama selama sesi pelatihan hewan," kata Zach Nugent, juru bicara kebun binatang, terkait nama Putin yang mirip dengan Presiden Rusia.

Sebelum mati, Putin telah menjadi bapak dari banyak anak. Putin telah memberikan warisan genetik untuk kelangsungan spesiesnya.

"Anaknya Vera lahir pada 26 April 2017, dari Sundari, seekor harimau Amur yang juga lahir di Kebun Binatang Minnesota pada tahun 2012. Vera dipindahkan ke kebun binatang di Omaha di Nebraska pada tahun 2019," tambahnya.

Putin dianggap sebagai salah satu harimau Amur yang paling berharga secara genetik dalam program pengembangbiakan di Amerika Utara.

"Hari ini adalah hari yang sangat berat bagi kita semua di Kebun Binatang Minnesota dan kami akan berkabung untuk beberapa waktu. Meskipun kehilangan ini sangat besar, kami dapat bangga dengan upaya kami-dulu, sekarang, dan masa depan-untuk memajukan konservasi harimau di seluruh dunia." kata Direktur Kebun Binatang Minnesota John Frawley dalam pernyataannya.



Simak Video "Ukraina Dapat Bantuan Senilai Rp 11,5 T dari AS, Zelensky Ucapkan Syukur"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA