Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 28 Mar 2022 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

30 Ekor Nuri Tanimbar Diselamatkan

Antara
detikTravel
ilustrasi burung nuri
Ilustrasi burung nuri (Getty Images/iStockphoto/Armastas)
Jakarta -

Polisi Hutan Seksi III Saumlaki, Maluku, mengamankan 30 ekor burung nuri Tanimbar di lokasi kompleks Tanjung Batu Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Maluku dari seorang ibu rumah tangga.

"Iya, benar. Kami telah mengamankan 30 ekor nuri dari ibu rumah tangga,dengan penyelesaian dilakukan pembinaan, karena yang bersangkutan belum mengetahui bahwa burung Nuri Tanimbar saat ini statusnya sudah dilindungi," kata Polisi Hutan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, Setodi Ambon, Minggu (27/3/2022).

Ia mengatakan burung tersebut dalam kondisi sehat. Saat ini, burung-burung itu dikarantina dan direhabilitasi di Kandang Transit Kantor SKW III Saumlaki untuk pemulihan kesehatan sebelum burung-burung tersebut dilepasliarkan.

"Burungnya, Alhamdulillah, juga masih ada yang bisa dibilang liar, mungkin kalau yang kondisinya sehat, satu bulan ke depan sudah bisa dilepasliarkan lagi," kata dia lagi.

Terhadap pelaku, kata Seto, hanya akan dilakukan pembinaan di Kantor Seksi dan ibu rumah tangga tersebut mengaku tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Pelaku berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi, dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 10.000," katanya.

Burung nuri Tanimbar merupakan salah satu satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang dilindungi.

Selain itu, melalui laman resmi International Union for Conservation of Nature (IUCN) disebutkan, burung dengan nama ilmiah Eos reticulata tersebut termasuk dalam daftar merah dan memiliki status near threatened, artinya mendekati terancam punah.



Simak Video "Beberapa Dekade Dianggap Punah, Badak-badak Berkeliaran di Mozambik"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA