Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 17:30 WIB

TRAVEL NEWS

Laskar Pelangi hingga AADC Jadi Penggerak Wisata Daerah

Putu Intan
detikTravel
Sandiaga di Belitung.
Sandiaga Uno di Belitung (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, film mungkin hanya dipandang sebagai hiburan. Hanya lewat film, pariwisata dan ekonomi daerah bisa tumbuh.

Film sebagai media audio visual rupanya memiliki kekuatan yang terkadang tak disangka-sangka. Sebut saja film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata.

Film yang rilis pada 2008 itu termasuk dalam jajaran film sukses di Indonesia. Penontonnya tembus 4,7 juta. Banyak yang kemudian tersihir keindahan Belitung sebagai lokasi syuting film garapan Miles Films itu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut Laskar Pelangi sebagai contoh film yang mendorong pariwisata dan ekonomi daerah.

"Luar biasa. Film Laskar Pelangi mengubah Pulau Belitung di Provinsi Bangka Belitung menjadi destinasi utama, menjadi destinasi prioritas," kata Sandiaga.

Eksotisnya pemandangan Pulau Lengkuas dari udaraEksotisnya pemandangan Pulau Lengkuas dari udara Foto: detik

Tak sampai di situ, pembangunan pariwisata di Bangka Belitung kini menjadi fokus utama pemerintah daerah dan pusat. Sandiaga mengatakan, Bangka Belitung masuk dalam proyek Integrated Tourism Masterplan di mana tak cuma wisata yang bakal dikembangkan, aksesibilitas hingga akomodasi juga akan dibangun di sana.

"Hari ini kami menuntaskan Integrated Tourism Masterplan (ITMP) Bangka Belitung. Ini dipicu oleh sebuah film Laskar Pelangi. ITMP ini akan di-Perpres-kan," ujarnya.

"Coba lihat dampaknya dari sebuah film sampai akhirnya menjadi kebijakan pemerintah yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo yang akan menata pariwisata sebagai salah satu penopang dan lokomotif pembangunan di salah satu kawasan yaitu Bangka Belitung," sambungnya.

Selain Laskar Pelangi, film lain yang juga turut mendorong pariwisata adalah Ada Apa dengan Cinta (AADC) 2. Sebagaimana diketahui AADC 2 mengambil latar di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Di Jogja dan sekitarnya sudah tersusun wisata Borobudur dan salah satu penyumbangnya adalah AADC, yang mengangkat destinasi-destinasi di kawasan Borobudur. Borobudur saat ini menjadi salah satu dari 5 destinasi superprioritas," pungkas Sandiaga.



Simak Video "Sandiaga Cukur Gundul: Nggak Ada Lagi Rambut Putih yang Mukanya Berkerut"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA