Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Mar 2022 07:18 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Kelonggaran Syarat Bepergian, Wisata Selam Ambon Mulai Menggeliat

Antara
detikTravel
Wisata selam Ambon
Lokasi Diving Koila di Negeri Morella, Maluku Tengah (Antara Foto/FB Anggoro)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia telah melonggarkan syarat dalam bepergian di masa pandemi. Dampaknya, bisnis wisata selam di Pulau Ambon, Maluku sudah ramai dipesan wisatawan domestik maupun asing.

Pengelola Pusat Selam Koila Dive Adventure di Negeri Morella, Kabupaten Maluku Tengah, Mukhlis menuturkan hal ini. Kelonggaran proses keberangkatan di bandara membuat banyak wisatawan sudah melakukan pemesanan.

"Sekarang sudah mulai ramai karena sudah ada keleluasaan proses keberangkatan di bandara. Kita mulai terima pesanan dari luar Ambon, seperti dari Jakarta dan dari luar negeri juga sudah ada," kata Mukhlis, Rabu (30/3).

Mulai Maret ini, Pemerintah Indonesia memberlakukan pelonggaran untuk perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi. Pelaku perjalanan tidak lagi wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR dan antigen, asalkan sudah lengkap vaksinasi COVID-19.

Kemudian, mulai pertengahan bulan Maret, pemerintah mulai uji coba di Bali untuk pelaku perjalanan luar negeri tanpa perlu karantina lagi, dan apabila sukses akan diberlakukan secara nasional. Mukhlis mengatakan, kebijakan itu akan sangat membantu sektor pariwisata khususnya di Maluku yang masih terdampak pandemi.

"Tahun 2021 karena ada pandemi hanya divers lokal yang datang ke sini, sedangkan dari mancanegara bahkan dari Jakarta pun jarang sampai ke Ambon," katanya.

Provinsi Maluku selama ini memiliki daya tarik pariwisata dari keindahan pantai dan biota lautnya. Di Pulau Ambon, yang meliputi Kota Ambon dan sebagian Kabupaten Maluku Tengah, terdapat sekitar 40 titik penyelamatan (spot diving). Semuanya punya karakteristik berbeda-beda, dan dianggap jadi "surga" bagi penyelam. Sejumlah wisatawan lokal berfoto bersama usai menyelam di pusat selam Koila Dive Adventure di Negeri Morella, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Mukhlis mengatakan wisata selam di Pulau Ambon selain indah juga biayanya lebih terjangkau daripada daerah lain di Indonesia. Sebabnya, lokasi pusat selam relatif mudah dijangkau seperti Koila Dive Center di Negeri Morella hanya berjarak sekira 45 kilometer dari pusat Kota Ambon dan bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor.

"Harga sangat terjangkau kalau dibandingkan dengan dive center lainnya. Untuk di Pulau Ambon dive center sangat terjangkau karena dekat dengan kota, dengan mobil sudah sampai," ujarnya.

Ia mengatakan karakteristik pusat selam untuk penyelam pemula hingga profesional bisa didapatkan di Negeri Morella, Kabupaten Maluku Tengah. Pusat selam rata-rata sudah memiliki dive master profesional, dan terdapat fasilitas seperti sewa peralatan selam hingga toilet yang memadai.

"Keamanan untuk pemula sangat terjamin. Ada dive master yang profesional karena memiliki sertifikat resmi dari organisasi selam Indonesia," ujarnya.

Selanjutnya, kata wisatawan dari Surabaya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA