Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Apr 2022 13:54 WIB

TRAVEL NEWS

Solo Jadi Kota Toleran, Terlihat Saat Perayaan Imlek

Bayu Adi
detikTravel
Warga dengan mengenakan kostum pewayangan dan superhero bertukar nasi berkat dengan kue keranjang di Klenteng Tien Kok Sie, Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Senin (31/1/2022). Aksi tersebut dalam rangka memberikan ucapan
Perayaan Imlek di Solo. Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Jakarta -

Kota Solo menjadi salah satu kota paling toleran di Indonesia. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyebut toleransi terlihat saat perayaan Imlek.

Kota Solo masuk dalam 10 besar kota paling toleran versi Setara Institut. Kota Solo berada di urutan kesembilan dengan indeks kota toleran 5,783. Sedangkan di urutan pertama ialah Singkawang dengan indeks 6,483.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menganggap salah satu poin yang dinilai ialah terkait perayaan Imlek selama Januari hingga Februari kemarin. Sebab Imlek di Solo turut dirayakan berbagai kalangan masyarakat.

"Kemungkinan karena Imlek kemarin itu. Yang merayakan bukan masyarakat Tionghoa saja. Semua masyarakat turut bergembira dengan adanya Imlek," ujar Gibran di Balai Kota Solo, Jumat (1/4/2022)).

Seperti diketahui, Pemkot Solo tetap memasang lampion di kawasan Pasar Gede Solo menjelang perayaan Imlek lalu. Masyarakat pun ramai-ramai mendatangi lokasi tersebut hingga beberapa hari.

Selain itu, masalah kerukunan umat beragama juga dinilai berpengaruh besar dalam penilaian. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kota Solo pun dianggap berperan penting dalam membuat suasana kota menjadi nyaman.

"Kita rutin melakukan sarasehan antarumat beragama. Masyarakat rukun semua. Kemarin kita juga baru melantik pengurus FKUB yang baru," katanya.

Meski demikian, Gibran mengatakan masih banyak yang harus ditingkatkan. Dia pun mengajak masyarakat untuk semakin meningkatkan toleransi dengan sesama warga negara.

"Nomor satu Singkawang. Tapi kita masih perlu ditingkatkan lagi. Terima kasih warga Solo, ini sebuah kebanggaan," pungkasnya.

Artikel ini sudah tayang di detikJateng. Untuk mendapatkan informasi terkait Jawa Tengah dan Yogyakarta, kunjungi tautan ini.



Simak Video "Harapan Gibran untuk detikJateng: Semoga Menyerap Aspirasi Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA