Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Apr 2022 03:02 WIB

TRAVEL NEWS

Kenapa ya Orang Belanda Badannya Tinggi-tinggi?

Putu Intan
detikTravel
Memaknai Kunjungan Raja Belanda
Raja dan Ratu Belanda. Foto: detik
Jakarta -

Orang Belanda dikenal sebagai yang tertinggi di dunia. Padahal, dulu mereka termasuk orang terpendek lho di Eropa. Lantas, mengapa bisa jadi tinggi?

Belanda kerap kali disebut sebagai negeri raksasa. Ini karena orang-orang di sana punya tubuh jangkung, melebihi rata-rata tinggi orang di dunia.

Dilansir dari BBC, pada 2020, tinggi rata-rata pria Belanda adalah 182,5 cm sedangkan perempuan Belanda adalah 168,7 cm.

Seperti telah disebutkan di atas, orang Belanda tidak sejak awal berbadan tinggi. Mereka mulai meninggi sekitar 160 tahun terakhir.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Royal Society of London, dalam catatan militer Belanda menemukan pada pertengahan tahun 1800-an, tentara Belanda tingginya sekitar 165 cm. Namun dalam 160 tahun, orang Belanda tumbuh 20 cm lebih tinggi.

"Pertumbuhan ini terlalu cepat jika hanya disebabkan efek genetik," kata Profesor Louise Barret dari Universitas Lethbridge, Kanada.

Hal itu dibuktikan dengan temuan bahwa pasangan yang memiliki banyak anak adalah pria jangkung dengan perempuan dengan tinggi rata-rata.

Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti sempat berkunjung ke Danau Toba untuk melihat keindahan panorama di kawasan tersebut.Raja Belanda Willem Alexander bersama Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti sempat berkunjung ke Danau Toba untuk melihat keindahan panorama di kawasan tersebut. Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Oleh karena itu, tingginya orang Belanda juga dapat disebabkan faktor lingkungan. Menurut Barret, sistem perawatan kesehatan Belanda yang baik, tingkat ketimpangan pendapatan yang rendah, dan sistem kesejahteraan sosial yang sangat baik menjadi faktor yang membuat tubuh mereka tinggi.

"Di Belanda, semua hal mengarah pada terbentuknya bayi berkualitas tinggi yang kemudian tidak mengalami hal-hal yang akan mengurangi tinggi badan," kata dia.

"Setiap kali tubuh meningkatkan respon imun, tubuh akan kehilangan energi yang seharusnya bisa digunakan untuk pertumbuhan," ujarnya lagi.

Terkait dengan nutrisi yang dikonsumsi orang Belanda, perlu diingat bahwa negara ini dikenal sebagai produsen susu. Orang-orang Belanda juga dikenal sangat menyukai produk susu.

Penelitian menunjukkan, konsumsi susu berkontribusi pada peningkatan tinggi badan mereka.

"Kalsium membangun tulang dan pertumbuhan bergantung pada ketersediaan kalsium," paparnya.

destinasi liburan belandaFoto: Getty Images

Belanda sendiri bukanlah negara yang dianugerahi sumber daya alam melimpah. Secara geografis, negara ini dikelilingi laut bahkan sampai harus membuat reklamasi agar tidak tenggelam dihantam gelombang.

Di atas tanah reklamasi itulah Belanda membangun kehidupan. Salah satunya di Kota Woerden yang dikenal sebagai tempat yang tepat untuk beternak sapi.

Di sana rerumputan tumbuh subur sehingga sapi-sapi betah merumput di sana. Siapa yang menyangka, kawasan itu dulunya adalah laut.

Selain Woerden, kota-kota lain di Belanda juga turut memproduksi susu dan olahannya. Di tanah reklamasi, industri susu berkembang pesat sehingga konsumsi susu juga melonjak. Belanda bahkan menjadi salah satu konsumen susu terbesar di dunia.

Saksikan juga: Kisah CEO Mahdi, Ada Kemuliaan di Bisnis Minuman Kekinian

[Gambas:Video 20detik]



(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA