Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Apr 2022 20:53 WIB

TRAVEL NEWS

Gubernur Jatim Soal Reog Ponorogo Mau Diklaim Malaysia: Rodok Kaget

Esti Widiyana
detikTravel
Penampilan kesenian Indonesia Reog Ponorogo sukses menghibur warga di Kota Yangon, Myanmar. Para prajurit TNI AL yang menampilkan kesenian tersebut.
Reog Ponorogo (Foto: Antara Foto/M Agung Rajasa)
Surabaya -

Reog Ponorogo mau diklaim oleh Malaysia. Respon gubernur Jawa Timur terbilang datar.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, angkat bicara terkait polemik Reog Ponorogo yang akan didaftarkan Malaysia ke UNESCO. Ia mengaku cukup terkejut dengan kabar tersebut.

"Ya rodok kaget sih sakjane (ya agak kaget sih sebenarnya)," kata Khofifah kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Jumat (8/4/2022).

Khofifah mengatakan, jika ia sudah mengetahui pengakuan kesenian asal Jatim ini. Bahkan sudah 5 hari hal ini dikonfirmasi oleh Menko PMK Muhajir Effendy.

"Sudah 5 hari yang lalu, sejak terkonfirmasi dari Pak Prof Muhajir bahwa ada negara tetangga kita yang akan mengajukan ke UNESCO," ujarnya.

Pemerintah Indonesia juga akan mengajukan Reog Ponorogo Jatim masuk UNESCO. Saat ini dokumen-dokumennya sedang dipersiapkan.

"Sejak awal, lebih 2 bulan yang lalu, ini sedang disiapkan. Pak Menko PMK fokus disini," tambahnya.

Khofifah juga sudah koordinasi dengan Bupati Ponorogo. Dokumen-dokumen yang menunjukkan dari sisi histori Reog Ponorogo, kemudian dokumen penguat.

"Bahwa memang Reog Ponorogo itu terlahir dari seniman budayawan Ponorogo. Ini yang masih harus dikuatkan," tegasnya.

Dari sisi kesejarahan, antara apa yang bisa diberikan testimoni oleh seluruh masyarakat dan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Setelah dokumen lengkap, pemerintah bisa mengajukan ke UNESCO.

"Kira-kira sejak 5 hari yang lalu, Pak Prof Muhajir menyampaikan hal itu dan saya meminta Bupati Ponorogo untuk mencari dokumen-dokumen yang secara saintifik itu bisa meyakinkan Unesco. Bahwa Reog ini memang produk asli seniman budayawan Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia. Karena yang akan mengajukan ke Unesco nanti pemerintah Indonesia," pungkasnya.



Simak Video "Upaya Sandiaga Uno Perjuangkan Reog Ponorogo yang Diklaim Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA