Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Apr 2022 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

40 Reog di Ponorogo Unjuk Diri Demi Rekomendasi Masuk UNESCO

reog ponorogo
Foto: Charoline Pebrianti
Jakarta -

Sebanyak 40 reog tampil di Jalan Utara Alun-Alun Ponorogo. 40 Reog ini tampil usai Tim Juri dan Tim Direktorat Jenderal Kebudayaan telah memberikan rekomendasi untuk jamu melaju ke ICH-UNESCO.

Penampilan 40 reog ini sebagai bentuk pengharapan agar tim kembali memilih Reog untuk diusulkan ke ICH-UNESCO. Sebab, khawatir jika Reog tak segera diusulkan bisa punah di masa pandemi COVID-19 karena tak bisa tampil.

Pantauan detikJatim, penampilan Reog ini menarik perhatian warga. Ribuan warga memadati depan Paseban Alun-Alun Ponorogo. Mereka antusias melihat penampilan puluhan Reog.

"Reog masuk urutan kedua, jamu yang kali ini diusulkan. Kami tidak kecewa, tapi kami nelongso," tutur Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko kepada wartawan di Paseban, Jumat (8/4/2022).

reog ponorogoReog Ponorogo Foto: Charoline Pebrianti

Sugiri menambahkan Reog adalah usulan rakyat kecil. Sudah sejak dulu kesenian ini sudah ada. Kebudayaan adiluhung milik Indonesia terutama Ponorogo.

"Reog ini bisa punah kalau tidak tampil, ada perajin, ekonomi bergerak. Bagaimana bisa mas menteri memilih jamu dan tidak mengupayakan nasionalisme kita, Reog," imbuh Sugiri.

Apalagi, lanjut Giri, Reog sempat diklaim Malaysia. Oleh karena itu, pihaknya mendesak agar pemerintah kembali mendorong agar Reog yang diusulkan ke ICH UNESCO. "Saya sebagai bupati Ponorogo kami mendorong kebijaksanaan pemerintah. Reog ini karya adi luhung. Biar Reog masuk ke ICH UNESCO," tambah Giri.

Menurut Giri, meski dia suka jamu. Namun situasi saat pandemi hendaklah mengkaji, menelisik, meneliti dengan cara adil dan transparan tentang usulan ICH-UNESCO.

"Ada perubahan, masyarakat Indonesia berdoa bersama agar Reog diakui UNESCO, jadi karya adiluhung, milik Ponorogo, Jatim, milik rakyat Indonesia," pungkas Giri.

---

Artikel telah naik di detikJatim.



Simak Video "Ratusan Seniman Turun ke Jalan, Minta Reog Masuk UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA