Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Apr 2022 13:53 WIB

TRAVEL NEWS

Jumlah Wisatawan Diprediksi Meningkat di Libur Lebaran, Dispar DIY Bersiap

Candi Borobudur.
Foto: Candi Borobudur, DIY (dok PT TWC)
Kulon Progo -

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap menyambut wisatawan pada saat libur lebaran. Kunjungan wisatawan diperkirakan meningkat.

Dispar DIY memprediksi adanya kenaikan wisatawan dikarenakan diizinkannya mudik dan penerapan pelonggaran syarat perjalanan dalam negeri. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dispar DIY Singgih Raharja

"Saya kira untuk libur Lebaran nanti, karena pemerintah sudah mulai melonggarkan untuk perjalanan dalam negeri dengan beberapa persyaratan yang update saat ini, untuk booster tanpa PCR dan antigen, dan seterusnya, ya tentu ini memberikan satu sinyal bahwa nanti para wisatawan, para pemudik, akan mengunjungi tempat pariwisata baik itu di DIY, maupun sekitarnya dengan moda apa pun," kata Singgih saat ditemui di Kulon Progo, Selasa (5/4/2022).

Prediksi ini juga berlandaskan hasil pengamatan pihaknya terhadap peningkatan jumlah pengguna transportasi baik udara maupun darat sejak beberapa pekan terakhir. Lalu, yang paling mencolok ialah lonjakan penumpang pesawat, baik yang datang dan pergi di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) maupun pengguna kereta api.

"Karena kita lihat, kita evaluasi juga, kita dapat informasi Bandara YIA sudah mulai peningkatan 100 persen kemarin itu dengan dilonggarkannya tes antigen. Kemudian di kereta api, juga sama. Mungkin ini akan 11-12 dengan apa yang terjadi di libur Lebaran nantinya," ujarnya.

Dispar juga akan mengadakan pelatihan dalam penggunaan aplikasi Visiting Jogja untuk pelaku wisata. Ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menggunakan aplikasi yang berisi informasi pariwisata DIY tersebut.

"Dalam kurun waktu selama puasa ini, kami merencanakan akan memberikan penguatan terhadap pengelola wisata untuk meningkatkan lagi kompetensi dan kesiapan mereka dalam hal penggunaan aplikasi Visiting Jogja," ujarnya.

Singgih juga mengatakan bahwa pihaknya juga akan menggencarkan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat tentang insentif khusus untuk wisatawan yang melakukan reservasi melalui Visiting Jogja.

"Kami juga sekarang terus giat untuk memberikan sosialisasi, mengedukasi, bahkan memberikan insentif bagi wisatawan yang melakukan reservasi dan membayar melalui visiting Jogja, dengan diskon 50 persen," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sekolah di DIY Dituding Paksa Siswi Berhijab, Disdikpora Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA