Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Apr 2022 12:41 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Pramugari Kereta Api, Syarat, dan Gajinya

Tim detikcom
detikTravel
Pramugari tak hanya ada di pesawat tetapi juga di kereta api. Para prami dan prama ini bertugas untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang KA jarak jauh.
Prama dan prami kereta api (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Profesi pramugari kereta api ternyata begitu diminati oleh para traveler. Mari mengenalnya sekilas, syarat masuk hingga gaji yang didapat.

Prami dan prama atau pramugari atau pramugara kereta api, begitulah panggilan mereka. Seperti awak kabin pesawat, pekerjaan sebagai prami dan prama bukan hal mudah.

Syarat pramugari kereta api

Mereka yang mau menjadi pramugari-pramugara KA bisa mendaftar langsung setelah lulus SMA/SMK. Untuk pramugari, pendaftar harus memenuhi tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan ideal.

Calon pramugari kereta api atau prami harus sehat jasmani dan rohani. Kemudian, pelamar memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Calon pramugari juga tidak boleh buta warna.

Syarat lainnya, pelamar berpenampilan menarik dan memiliki kemampuan bahasa Inggris. Yang terakhir, pemalar untuk posisi pramugari kereta api harus single alias belum menikah.

Untuk pramugarakereta api atau prama syaratnya hampir sama. Bedanya, untuk pelamar posisi pramugara kereta api harus memiliki tinggi minimal 170 cm. Setelah lolos, calon prama dan prami akan dibekali dengan pelatihan dari TNI.

Apa tugas pramugari kereta api

Tugas pramugari kereta api disebut tak berbeda dengan pramugari pesawat. Pertama satu jam sebelum keberangkatan, pramugari kereta api sudah harus ada di stasiun dan menghitung barang yang nantinya akan dijual di restorasi.

Kemudian, mengecek peralatan di restorasi, memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Seperti microwave, chiller dan boiler. Saat boarding, pramugari akan menunggu penumpang boarding di peron keberangkatan. Tugasnya mengarahkan ke gerbong dan tempat duduk penumpang.

Setelah boarding, mereka masih harus melanjutkan apel dinas bersama kondektur, polsuska, teknisi Kereta Api, dan tim On Trip Cleaning (OTP). Senior Train Attendant atau prami senior akan memimpin briefing dan doa.

Saat kereta api jalan, pramugari kereta api mengumumkan menu apa saja yang tersedia di restoran. Saat pandemi ini pramugari kereta api ditekankan untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Itulah gaji pramugari kereta api.

Gaji pramugari kereta api

Berdasarkan catatan detikcom, gaji pramugari kereta api rata-rata sebesar Rp 7 juta per bulannya. Nilai itu terdiri dari gaji pokok Rp 4 juta dan sejumlah tunjangan dan insentif.

Dikutip dari berbagai sumber, rata-rata Rp 7 juta itu untuk pramugari junior. Sementara yang senior tentu lebih tinggi dari itu.

Lihat Video: Mau Mudik, Simak Dulu Aturan Lengkapnya

[Gambas:Video 20detik]



(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA