Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Apr 2022 16:43 WIB

TRAVEL NEWS

Gemas! Gajah Sumatera di Bali Zoo Lahirkan Anak Pertama

Femi Diah
detikTravel
Bali Zoo untuk pertama kalinya berhasil mengembangbiakkan Gajah Sumatra dengan kelahiran anak gajah jantan yang diberi nama Lanang. Kenalan yuk sama Lanang.
Gajah lahir di Bali Zoo (AP Photo/Firdia Lisnawati)
Gianyar -

Kebun Binatang Bali Zoo di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali kedatangan anggota baru. Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) melahirkan anak pertama.

Gajah itu lahiran pada 17 Maret 2022. Istimewanya, itu menjadi bayi gajah pertama di Bali Zoo.

"Ini merupakan kelahiran gajah pertama di Bali Zoo sejak memiliki gajah pada tahun 2011," kata Manajer MarketingBali Zoo Putu Agus Setiawan, Kamis (14/4/2022), seperti dikutip Antara.

Anak gajah jantan ini lahir dengan sehat memiliki berat kurang lebih 80 kilogram pada pukul 01.00 Wita, dari pasangan gajah betina Bernama Terry berusia 39 tahun dan gajah jantan Budi berusia 34 tahun.

Dia menambahkan perjodohan gajah betina dan gajah jantan itu sudah dilakukan sejak 2017 dan akhirnya berhasil kawin pada Mei 2019. Induk gajah dan bayi gajah dalam kondisi sehat dan masih dalam pengawasan tim dokter.

Selama induk gajah menyusui, porsi pakan dinaikkan, terutama kacang kedelai, variasi buah-buahan, seperti buah naga, pisang dan pepaya, serta vitamin pasca-melahirkan.

"Kelahiran satwa endemik Indonesia yang dilindungi pada masa pandemi COVID-19 merupakan bukti bahwa Bali Zoo tetap berkomitmen untuk kesejahteraan satwa," katanya.

Ia menjelaskan anak gajah yang diberi nama Lanang itu mulai diperkenalkan kepada pengunjung Bali Zoo pada Kamis ini.
Dengan kelahiran anak gajah berjenis kelamin jantan tersebut, jumlah Gajah Sumatera di Bali Zoo menjadi 14 ekor, yakni tiga gajah jantan dan 11 gajah betina.

Wisatawan mancanegara yang berkeliling menggunakan minibus bertingkat disediakan oleh pihak Bali Zoo, antusias melihat kehadiran anak gajah Sumatera yang saat ini baru berumur 28 hari. Mereka mengabadikan satwa tersebut dari dalam minibus.

Kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik di Bali Zoo tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.



Simak Video "Wisatawan Masuk Bali Meningkat di Pelabuhan Gilimanuk"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA