Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Apr 2022 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Lebaran, Jogja Diprediksi Kedatangan 6 Juta Wisatawan

Heri Susanto
detikTravel
Malioboro adalah ikon wisata legendaris di Yogyakarta. Kawasan Malioboro masih eksis menjadi magnet bagi wisatawan.
Foto: A.Prasetia/detikcom
Yogyakarta -

Yogyakarta masih menjadi destinasi favorit pelancong menghabiskan libur Lebaran. Diprediksi ada 6 juta orang yang bakal liburan ke Kota Gudeg.

"Libur Lebaran tahun 2021 itu jumlahnya mencapai 4.100.000 dalam kondisi dilarang, mendekati tahun 2019 sebelum pandemi 6.100.000. Kami prediksi tahun ini menyamai tahun 2019," kata Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo, diwawancarai wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Selasa (19/4/2022).

Terkait hal tersebut, Dispar DIY telah menyiapkan ekosistem pariwisata agar tidak ada pelaku usaha pariwisata yang memanfaatkan aji mumpung. Singgih mengatakan, termasuk soal parkir, pihaknya telah meminta Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk melakukan pembinaan terutama untuk parkir liar.

Hal lain yang juga jadi sorotan mengenai titik krusial kemacetan. Pihaknya mencatat ada banyak titik kemacetan di destinasi wisata.

"Titik krusial kemacetan, persimpangan Pathuk, parkir di badan jalan, akses Kaliurang, dan Baron harus bisa diurai," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi kepada pengelola wisata. Yaitu untuk memprioritaskan akses prioritas untuk antrean nontunai atau reservasi. "Antrean untuk nontunai, reservasi untuk diprioritaskan sebagai apresiasi," pungkas Singgih.

Artikel ini sudah tayang di detikJateng. Untuk mendapatkan informasi seputar Yogyakarta dan sekitarnya, kunjungi tautan ini.



Simak Video "Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama Lebaran 29 April dan 4-6 Mei 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA