Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Apr 2022 15:41 WIB

TRAVEL NEWS

Hotel Majapahit, Nginap Mewah di Surabaya Sekaligus Rasakan Nuansa Sejarah

Hotel Majapahit
Hotel Majapahit di Surabaya (Praditya Fauzi Rahman/detikcom)
Surabaya -

Hotel Majapahit menjadi saksi sejarah perlawanan arek-arek Surabaya melawan Belanda. Masih berdiri tegak dan menjamu tamu untuk menginap.

Hotel Majapahit berada di Jalan Tunjungan, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Hotel itu dulu dinamai Hotel Oranje, Yamato, kemudian Merdeka.

Hotel Majapahit kental dengan nuansa sejarah. Selain mempertahankan sebagian bangunan lawas, hotel itu menyimpan sejarah perobekan bendera Belanda pada 19 September 1945.

Detikcom diajak berkeliling oleh staf hotel. Di sana, pondasi, cat, hingga struktur bangunan masih kokoh. Meski, ada tambahan beberapa aksesoris untuk mempercantik dan menambah modern tatanan.

Hotel yang berdiri di atas lahan 2 hektare itu masih eksis, lantaran Pemkot Surabaya turut mempercantik kawasan Tunjungan. Bahkan, 139 kamar masih mempertahankan arsitektur klasik nan ciamik.

Dengan luas, megah, dan eloknya hotel itu, tentu membutuhkan biaya operasional yang fantastis. Tak ayal, Hotel Majapahit itu tetap digandrungi para pelancong, terutama wisatawan internasional.

General Manager Hotel Majapahit Surabaya, Kahar Salamun, mengatakan salah satu bukti keaslian bangunan adalah dari ubin marmer yang diimpor langsung dari negeri kincir angin, Belanda. Menurutnya, hal tersebut masih dipertahankan untuk menjaga keaslian dan menjadi karakter bagi Majapahit.

Kahar menjelaskan salah satu ciri khas bangunan vintage Majapahit dalam marmer itu adalah, salah satu marmer yang dipasang menjadi ubin, selalu ada 1 ubin yang sengaja dipasang terbalik. Kahar tak tahu apa alasan dibalik hal tersebut.

Kahar merasa, pemilik sekaligus para pekerja sangat diuntungkan dengan lokasi hotel yang strategis. Selain memiliki lahan yang luas, lokasinya juga berada di jantung kota Surabaya.

Baca Juga: Menelusuri Hotel Majapahit, 'Permata' di Kota Pahlawan

"Bisa dibilang, Majapahit ini 'permata' bagi Pemkot Surabaya dan masyarakatnya. Selain bersejarah dan memiliki nilai seni, tapi juga aset," kata Kahar.

Ihwal kaitan dengan kemerdekaan, Kahar mengklaim hal tersebut hanya suatu kebetulan. Sebab, Majapahit berdiri jauh sebelum zaman kemerdekaan RI.

"Value hotel ini sangat tinggi. Hotel (Majapahit) ini didirikan Sarkies Family atau Sarkies Brothers di tahun 1910, secara histori sebenarnya tidak terkait dengan sejarah perjuangan Indonesia," ujarnya.

***

Artikel ini juga tayang di detikJatim, klik di sini.



Simak Video "Menikmati Menu Makan Malam di Hotel Mewah Kota Pahlawan, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA