Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Apr 2022 22:19 WIB

TRAVEL NEWS

Lagi Nyangkul, Petani Gaza Temukan Patung Dewi Kecantikan Berusia 4.500 Tahun

Syanti Mustika
detikTravel
Patung dewi yang ditemukan di Gaza
Patung dewi kecantikan berumur 4.500 tahun di Palestina Foto: (dok AP)
Khan Younis -

Seorang petani di Palestina sedang bekerja seperti biasanya. Siapa sangka di lahannya ditemukan patung dewi berusia 4.500 tahun.

Dilansir detikcom, Kamis (28/4/2022) hal ini diungkapkan oleh Jamal Abu Rida, direktur Kementerian Pariwisata dan Purbakala Gaza.

"Penemuan semacam itu membuktikan bahwa Palestina memiliki peradaban dan sejarah, dan tidak ada yang bisa menyangkal atau memalsukan sejarah ini," katanya Rida. "Ini adalah orang-orang Palestina dan peradaban Kanaan kuno mereka." tambahnya.

Patung dewi yang ditemukan di GazaPatung dewi yang ditemukan di Gaza Foto: (dok BBC)

Patung itu ditemukan oleh seorang petani di daerah Sheikh Hamouda di Khan Younis oleh Nidal Abu Eid.

"Kami menemukannya secara kebetulan. Berlumpur dan kami mencucinya dengan air. Awalnya, saya berharap untuk menjualnya kepada seseorang untuk menghasilkan uang. Tetapi seorang arkeolog mengatakan kepada saya bahwa patung itu memiliki nilai arkeologis yang besar," kata Nidal kepada The New Arab.

Staf kementrian menyimpulkan jika patung ini adalah kepala Anad, Dewi Cinta, kecantikan dan perang dalam mitologi Kanaan. Nama lain dari dewi ini adalah Anat, Anatu, Antit dan Anath. Dia adalah dewi Semit yang disembah dalam berbagai inkarnasi.

Orang Kanaan adalah orang kuno yang menurut Alkitab mendiami Yerusalem dan bagian lain Timur Tengah sebelum munculnya monoteisme. Selain di Gaza, dewi ini juga disembah di Mesir, Suriah, Siprus dan Mesoppotamia.

Rida menyebut patung itu adalah simbol peradaban manusia tertua yang hidup di Kota Gaza. Patung itu akan dipajang di Museum Istana Pasha di Gaza dalam beberapa hari ke depan.

Patung dewi yang ditemukan di GazaPatung dewi yang ditemukan di Gaza Foto: (dok BBC)

Namun keraguan timbul dari seorang profesor arkeologi Universitas Bar Ilan Aren Maeir karena wajah patung itu tidak seperti yang pernah dilihatnya, sehingga sulit untuk memverifikasi asal-usul atau usianya. Walau Kementerian Pariwisata dan Purbakala Hamas mengidentifikasinya sebagai orang Kanaan.

"Saya tidak mengenali patung itu sebagai apa pun yang pernah saya lihat sebelumnya. Saya tidak mengenalinya jadi saya tidak tahu apa itu. Sulit untuk mengatakan dari periode berapa," katanya.

Kepala patung ini berukuran sekitar 22 cm yang menunjukkan wajah demi dengan mahkota ular di atasnya. Patung ini pun diukir di batu kapur.



Simak Video "Detik-detik Roket Israel Hantam Gaza, 24 Warga Palestina Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA