Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Mei 2022 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita Perawat Satwa, Lebaran Tak Bersama Keluarga

Sudirman Wamad
detikTravel
Suasana di Kebun Binatang Bandung.
Perawat satwa Kebun Binatang Bandung (Sudirman Wamad/detikJabar)
Bandung -

Tempat wisata kembali bergairah di momen libur lebaran. Salah satu cerita datang dari perawat satwa yang mana tak lebaran bersama keluarga.

Momen hangat bisa berkumpul bersama keluarga saat hari raya hanya angan-angan bagi Dede Sofyan. Pria asal Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat itu harus menunaikan kewajibannya sebagai pekerja. Ia harus meninggalkan keluarganya dan "berlebaran" bersama satwa.

Dede Sofyan bekerja sebagai perawat satwa di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo. Destinasi wisata favorit saat Lebaran tiba. Tentunya Dede harus kerja ekstra. Meski rasa rindu berkumpul bersama keluarga menyelimutinya.

"Sudah terbiasa. Ada rasa sedih, ada rasa bahagia. Sedihnya enggak kumpul keluarganya. Bahagianya itu kebun binatang ramai," ucap Dede sembari bersiap menutup kunjungan di area Zona Afrika Kebun Binatang Bandung, Senin (2/5/2022).

Di tempat Dede ditugaskan itu terdapat binatang yang berasal dari Afrika, seperti jerapah, zebra, antelop dan lainnya. Setengah usia Dede telah didedikasikan untuk merawat satwa.

"Sekarang kaya dulu lagi, saat sebelum pandemi. Senang rasanya kebun binatang ramai lagi," kata pria berusia 44 tahun itu.

Dede nampak cekatan melayani permintaan para wisatawan yang ingin memberi makan jerapah. Tak sedikit juga wisatawan yang berebut foto dengan satwa yang dirawat Dede itu.

Sebelum dipercaya sebagai perawat satwa, Dede sempat bekerja sebagai pencari rumput untuk makan hewan hingga petugas kebersihan. Lambat laun ia menyesuaikan. Menunjukkan keahlian sebagai perawat satwa.

"Kalau keahlian sih dari saya waktu tinggal di kampung. Kan mengurus kerbau dan lainnya," kata Dede.

***

Artikel ini sudah tayang di detikJabar. Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Pemkot Ancam Segel Bunbin Bandung Gegara Tunggak Sewa Rp 13,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA