Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Mei 2022 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Pemudik Jatuh Cinta dengan Tanjung Bira

Tim Detikcom
detikTravel
Objek wisata Broadwalk dan Jembatan Kaca Titik Nol di kawasan Pantai Tanjung Bira yang ditutup imbas kerumunan. (dok. Istimewa)
Foto: Objek wisata Broadwalk dan Jembatan Kaca Titik Nol di kawasan Pantai Tanjung Bira. (dok. Istimewa)
Bulukumba -

Lombok punya Gili Trawangan, Bulukumba punya Tanjung Bira. Pantai eksotis dengan pemandangan indah ini jadi incaran di libur lebaran.

Tanjung Bira berada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Berada di ujung selatan Sulawesi, Tanjung Bira mendulang cuan dari traveler yang mudik ke Makassar.

Pantai pasir putih dan air sebening kaca, inilah yang membuat Tanjung Bira viral di media sosial. Karena kepopulerannya, Tanjung Bira dikunjungi sampai 10.476 wisatawan pada Rabu (4/5) kemarin.

Hari ini, Tanjung Bira pun tak kekurangan pengunjung. Sebagai destinasi wisata baru, wisatawan sudah antre sepanjang 4 km untuk masuk ke Tanjung Bira.

Mau tak mau petugas karcis kembali diturunkan untuk jemput bola. Petugas mendatangi mobil yang terjebak macet untuk melakukan pendataan sehingga karcis bisa dicetak lebih cepat.

"Sepertinya sekitar itu (4 kilometer). Panjang ini antrean saya lihat. Tadi pagi agak longgar-ji," ungkap Kadis Pariwisata Bulukumba Daud Kahal kepada detikSulsel, Kamis (5/5).

Daud memprediksi, pengunjung juga akan tembus lebih dari 10.000 orang seperti kemarin. Apalagi melihat antrean kendaraan pengunjung yang mulai mengular lagi siang ini.

"Mungkin sudah 3.000 pengunjung ini. Sebenarnya sudah over kapasitas. Tapi kita tidak mungkin larang masuk. Momentumnya. Apalagi di dalam ini, sudah ramai sekali," jelasnya.

Dia menuturkan tingginya animo pengunjung ke Kawasan Tanjung Bira ini karena ada beberapa objek wisata yang baru dibuka selain pantai pasir putih. Seperti jembatan kaca, titik nol. Juga ada broadwalk, jalur menuruni bukit karang dengan pagar warna-warni.

"Di bagian bawah ada miniatur pinisi. Ini seperti di Uluwatu, Bali. Jadi pesona baru di Bira. Itu perkiraan kami makanya banyak yang serbu Bira," jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah pengunjung ke Kawasan Tanjung Bira, Rabu (4/5) hingga pukul 18.30 WITa tercatat mencapai 10.476. Sebelumnya, Selasa (3/5) tercatat ada 14.000 pengunjung hingga pukul 24.00 Wita.

***

Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Bermain Banana Boat, Pantai Tanjung Bira Bulukumba"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA