Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mei 2022 15:19 WIB

TRAVEL NEWS

RI Pelajari Wisata ala Maladewa, Sandiaga Kirim Tim Kecil

Sandiaga Uno memberikan sambutan di event High-level Thematic Debate on Tourism yang diadakan oleh United Nations General Assembly Hall, New York Amerika Serikat, Rabu (4/5/2022).
Sandiaga bersama Abdulla Shahid Foto: Kemenparekraf
New York -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno pekan ini menghadiri sidang umum PBB di New York. Dia menyampaikan sejumlah visi misi pariwisata yang berkelanjutan dan mengedepankan kesetaraan sesuai dengan visi G20 'Recover Together Recover Stronger'.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat berbincang dengan Ketua Majelis Sidang Umum PBB (United Nations General Assembly/UNGA), Abdulla Shahid.

"Kami berfokus pada pemulihan pariwisata & ekonomi kreatif terutama mengalihkan fokus ke kualitas daripada kuantitas Matahari, laut, dan pasir untuk spiritualitas dan manusia," ujar Sandiaga Uno.

Abdulla Shahid menyebutkan sektor pariwisata memiliki kontribusi terbesar untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya selama dua tahun lebih pandemi Covid-19 melanda dunia.

"Sektor pariwisata menjadi perhatian kami khususnya dalam upaya untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi. Kami berharap Pak Menteri Sandiaga Uno melihat temuan pertemuan ini sejalan dengan pertemuan G20 di Indonesia," kata Abdulla Shahid.

Pihaknya amat mengharapkan kepemimpinan Indonesia di G20 dapat memberikan dampak yang signifikan bagi banyak negara berkembang. Termasuk salah satunya adalah Maladewa yang memiliki bentuk negara kepulauan yang sama dengan Indonesia.

"Salah satu yang ingin kami pelajari adalah bagaimana menghilangkan kesenjangan antara negara kaya dan negara berkembang dengan pengembangan sektor pariwisata," tambah Abdulla Shahid.

Sandiaga Uno menyebutkan 35 juta penduduk Indonesia bergantung pada pariwisata dan ekonomi kreatif dimana hal tersebut menandakan kontribusi 4,8 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Kami berharap G20 akan membawa solusi dan mewujudkan tema bersama-sama pulih lebih kuat. Dalam Kelompok Kerja Pariwisata G20 mendatang di Labuan Bajo minggu depan, kami bertujuan untuk menampilkan proyek keberlanjutan pariwisata berbasis masyarakat," tambah Sandiaga Uno.

Melalui hal tersebut, pihaknya berharap dapat menghasilkan pertumbuhan investasi di sektor pariwisata USD 2,5 miliar dan menciptakan 1,1 juta lapangan pekerjaan pada tahun ini. Untuk mewujudkan hal tersebut Sandiaga Uno menekankan diperlukannya dukungan dari semua sektor terkait.

"Kami juga mengetahui rencana Anda untuk mengunjungi Bali pada akhir bulan ini. Kami mengundang Anda untuk datang dan kami akan mengatur kunjungan lapangan sampingan seperti penanaman mangrove, dan restorasi terumbu karang. Sekaligus menyaksikan Desa Wisata Penglipuran yang kami nominasikan mendapatkan penghargaan," kata Sandiaga Uno.

Abdulla Shahid mengungkapkan kedatangannya merupakan kunjungan pertama ke Bali pada 24-27 Mei 2022.

"Saya sangat menanti untuk kerja sama lebih intensif kedepannya. Pemerintah telah mendorong pengembangan pariwisata lokal dengan menciptakan investasi 2 juta dollar sehingga ekonomi lokal bergerak dan semua mendapat pekerjaan," tambah Sandiaga Uno.

Abdulla Shahid sangat berharap dapat mendapatkan jawaban terkait pariwisata yang mendorong kesetaraan dalam pertemuan ini.

"Ada 14 menteri pariwisata yang hadir. Konsep awal dari konsep debat tingkat tinggi ini adalah sebagai produk dari pertemuan rutin dengan para duta besar. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang menteri," tutur Abdulla Shahid.

Selanjutnya RI Pelajari Wisata ala Maladewa

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sandiaga Sebut Pariwisata RI Bangkit Pasca-Pandemi Pidato PBB"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA