Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 13 Mei 2022 21:09 WIB

TRAVEL NEWS

Hebat Sekali Wanita Setengah Abad Ini, Pecahkan Rekor 10 Kali Mendaki Everest

Lhakpa Sherpa
Pendaki wanita Lhakpa Sherpa, 10 kali mendaki Gunung Everest (Foto: CNN)
Kathmandu -

Seorang wanita paruh baya memecahkan rekor mendaki Gunung Everest. Ia tak lagi muda, usianya hampir setengah abad.

Diberitakan CNN, Jumat (13/5/2022), wanita Nepal berusia 48 tahun mendaki Gunung Everest untuk ke-10 kalinya pada hari Kamis 12 Mei lalu.

Kegiatan ini memecahkan rekornya sendiri meraih puncak gunung tertinggi di dunia oleh seorang pendaki wanita, kata perusahaan pendakiannya.

Lhakpa Sherpa terakhir kali mendaki gunung setinggi 8.848,86 meter pada tahun 2018. Seorang rekannya yang juga dari Nepal, Kami Rita Sherpa, memegang rekor 26 kali pendakian putra di Gunung Everest.

"Lhakpa telah memecahkan rekornya sendiri dan menjadi wanita pertama yang menggapai puncak sebanyak 10 kali," kata saudara laki-lakinya Mingma Gelu Sherpa, seorang pejabat dari agen pendakian Seven Summit Club, mengatakan kepada Reuters.

Seorang pejabat pariwisata Nepal, Bhishma Kumar Bhattarai, membenarkan bahwa dia telah mencapai puncak.

Salah satu dari 11 bersaudara, Lhakpa lahir di distrik timur Sankhuwasabha, rumah bagi gunung tertinggi kelima di dunia, Makalu.

Pada hari Kamis, tujuh anggota ekspedisi serba hitam yang disebut Full Circle, yang terdiri dari pendaki dari Amerika Serikat dan Kenya mendaki Gunung Everest, kata Jeevan Ghimire dari perusahaan pendakian Shangrila-Nepal Trek.

Kurang dari 10 pendaki gunung berkulit hitam secara total telah mencapai puncak sebelumnya. Ini adalah momen pertama kalinya semua anggota ekspedisi berkulit hitam, kata pejabat pendakian.

Everest telah didaki 10.657 kali sejak pertama kali didaki pada tahun 1953 dari sisi Nepal dan Tibet. Banyak yang telah mendakinya lebih dari sekali, dan 311 orang telah tewas di sana.



Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA