Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Mei 2022 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

4 Alasan Ustaz Abdul Somad Ditolak Masuk Singapura

Femi Diah
detikTravel
UAS
Ustaz Abdul Somad curhat di medsos dilarang masuk Singapura. (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri Singapura menyebut sejumlah alasan menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS) di negara tersebut. Apa saja?

UAS ditolak masuk Singapura oleh imigrasi setempat pada Selasa (18/5/2022). Enam orang lain, keluarga dan kerabat, yang bersama-sama UAS ke Singapura itu juga ditolak masuk.

UAS memasuki Singapura lewat Pelabuhan Internasional Batam dengan kapal MV. Brilliance of Majestic pada pukul 12.50 WIB. UAS bilang dia berencana liburan di Singapura.

Imigrasi Indonesia menyebut tidak ada masalah apapun dalam paspor UAS. Penolakan masuk UAS disebut sebagai otoritas negeri singa itu.

Dalam prosesnya, Kementerian Dalam Negeri Singapura menyampaikan alasan penolakan masuk UAS. Mereka menyampaikan lewat situs resmi Kemendagri.

Berikut empat alasan Singapura menolak masuk UAS:

1. Dianggap Sebarkan Ajaran Ekstremis dan Segregasi

"Somad dikenal menyebarkan ajaran ekstremis dan segregasi, yang tidak dapat diterima di masyarakat multi-ras dan multi-agama Singapura," mengutip situs resmi Kemendagri Singapura.

2. Pernah Ceramah soal Bom Bunuh

Singapura juga menyampaikan kritik terhadap pernyataan UAS yang pernah membahas soal bom bunuh diri dalam ceramahnya.

"Misalnya, Somad telah mengkhotbahkan bahwa bom bunuh diri adalah sah dalam konteks konflik Israel-Palestina, dan dianggap sebagai operasi 'syahid'."

3. Pernah Sebut Salib Kristen Rumah Jin Kafir

Pemerintah Singapura pun menyebut Somad pernah melontarkan komentar yang merendahkan agama lain seperti Kristen. Somad disebut pernah menyebut salib sebagai tempat tinggal roh kafir.

"Ia (UAS) pernah membuat komentar merendahkan agama lain seperti Kristen dengan menggambarkan bahwa salib Kristen merupakan tempat tinggal jin kafir (roh jahat).

4. Kafirkan Ajaran Agama Lain

Singapura juga menolak UAS karena ia pernah melontarkan pernyataan mengkafirkan agama lain dalam ceramahnya.

"Selain itu, Somad secara terbuka menyebut non-Muslim sebagai kafir. Pemerintah Singapura memandang serius siapa pun yang menganjurkan kekerasan dan/atau mendukung ajaran ekstremis dan segregasi. Somad dan teman perjalanannya ditolak masuk ke Singapura," mengutip situs resmi Kemendagri Singapura.



Simak Video "Heboh Sejumlah Orang Tolak UAS Ceramah di Jonggol"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA