Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Mei 2022 20:50 WIB

TRAVEL NEWS

Bisa buat Patokan Liburan, Ini 10 Mata Uang dengan Nilai Terendah di Dunia

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi THR
Ilustrasi uang rupiah (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Setiap negara memiliki kurs mata uang yang berbeda terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Berikut daftar 10 mata uang dengan nilai terendah.

Dari dalam negeri, nilai tukar rupiah terhadap USD mengalami pelemahan selama lima pekan terakhir. Namun, pada Rabu (25/5), Mata uang rupiah akhirnya mampu mencatatkan penguatan beruntun melawan USD.

Merujuk nilai mata uang negara-negara ini, traveler bisa menjadikannya sebagai acuan saat memilih negara tujuan liburan. Apakah rupiah yang kita bawa bernilai lebih tinggi atau lebih rendah ketimbang mata uang negara yang kita datangi.

Berikut daftar negara dengan nilai mata uang terendah di dunia seperti dikutip dari CNBC:

1. Rial Iran (IRR)

Mata uang termurah di dunia adalah Rial Iran. Devaluasi mata uang itu dimulai sejak 1979.

Saat itu, banyak bisnis meninggalkan Iran karena situasi yang tidak pasti karena perang antara Iran-Irak membuat negaranya diberikan sanksi ekonomi karena program nuklir. Hal tersebut merusak ekonomi dan mendevaluasi mata uangnya hampir 400%.

2. Dong Vietnam (VND)

Per hari ini, satu USD setara dengan 23.205 VND. Vietnam masih berada di jalur ekonomi sulit, akibatnya mata uang negaranya sangat terdevaluasi dan menempati mata uang Vietnam menjadi mata uang terendah kedua di dunia.

3. Franc Guinea (GNF)

Dalam kurs dolar AS saat ini, nilai 1 dolar AS dibanderol dengan 8.586 GNF. Tingkat inflasi yang tinggi, angka kemiskinan yang terus meninggi, ikut mendevaluasi mata uang Guinea. Meskipun, negara Afrika tersebut memiliki kekayaan mineral, emas, berlian, dan alumunium.

4. Rupiah Indonesia (IDR)

Hari ini, pasar dalam negeri ditutup karena memperingati kenaikan Isa Almasih. Namun, rupiah pada perdagangan kemarin bergerak menguat setelah lima pekan mengalami koreksi terhadap dolar AS. Satu dolar AS di banderol Rp 14.630/US$.

Pertumbuhan ekonomi yang dinilai cukup stabil ternyata tidak mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap USD. Nyatanya, rupiah masih menjadi salah satu mata uang terendah.

5. Rubel Belarusia (BYR)

Nilai tukarnya terhadap dolar AS setara dengan 9.898 rubel Belarusia. Nilai tukarnya terhadap dolar AS membuatnya masuk ke dalam daftar mata uang terendah di dunia.

Halaman berikutnya >>> Peringkat keenam hingga 10

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kisah Yudo Trader 16 Tahun yang Cuan Miliaran dari Kripto"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA