Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 31 Mei 2022 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Hore! Wisata ke Australia Nggak Perlu Karantina

Putu Intan
detikTravel
Opera house Australia
Foto: Dok. CNN
Jakarta -

Australia sudah membuka perbatasan dan melonggarkan aturan masuk bagi wisatawan mancanegara. Salah satunya tak perlu lagi melakukan karantina.

Country Manager Tourism Australia untuk Indonesia Agitya Nuraini menjelaskan aturan baru tersebut berlaku mulai April 2022. Ketentuan bebas karantina ini berlaku untuk wisatawan yang sudah divaksin penuh.

"Per April 2022 tidak perlu karantina untuk traveler yang sudah full-vaccinated. Jadi pengertian full vaccinated itu adalah sudah harus vaksin 2 kali yang jenisnya sudah diakui otoritas Australia," kata Agitya kepada media di St Ali Coffeshop, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Kabar baiknya, semua jenis vaksin yang beredar di Indonesia sudah diakui oleh Australia. Dengan demikian, bila traveler sudah mendapatkan vaksin minimal dosis kedua, sudah tak perlu melakukan karantina.

Selain itu, tes COVID-19 sebelum masuk Australia juga sudah dibebaskan. Hanya saja, wisatawan masih harus melakukan tes antigen mandiri dalam waktu 1x24 jam setelah kedatangan.

"Kalau hasilnya negatif, boleh langsung jalan-jalan. Tapi kalau positif, harus lapor ke website yang ada di setiap negara bagian dan melakukan isolasi mandiri selama 7 hari," ujarnya.

Setelah dibukanya perbatasan, kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Australia diprediksi bakal meningkat 30 persen pada Juni. Ini mengingat pada bulan Juni dan Juli merupakan puncak musim liburan dan biasanya dihabiskan di Australia. Selain itu, bulan Desember juga diprediksi akan banyak wisatawan Indonesia yang datang ke sana.

Sebelum pandemi COVID-19, tepatnya 2019, jumlah wisatawan Indonesia yang datang ke Australia jumlahnya lebih dari 195 ribu orang. Indonesia sendiri menempati posisi ke-11 sebagai negara dengan turis terbanyak datang ke Australia. Kontribusi Wisatawan Indonesia bahkan mencapai Rp 9 triliun per tahun.



Simak Video "Roket NASA Diluncurkan dari Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA