Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Makin 'Longgar', Buka Visa untuk Para LDR

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi pasangan suami istri Jepang
Foto: CNN
Jakarta -

Jepang akan membuka perbatasannya secara bertahap. Kali ini, negeri sakura membuka visa untuk orang asing yang tunangannya ada di Jepang.

Dilansir dari SoraNews, Selasa (7/6/2022) Kementrian Luar Negeri Jepang merilis persyaratan tentang kelayakan yang diperbarui untuk warga negara asing (yaitu bukan warga Jepang) yang memasuki Jepang.

Pada dasarnya, perjalanan ke Jepang terbatas pada mereka yang memiliki 'keadaan luar biasa khusus'. Salah satunya adalah mengunjungi kerabat / kenalan (dalam hal mengunjungi kenalan, hanya warga negara asing) yang memiliki hubungan kerabat, atau yang diketahui perlunya mengunjungi Jepang.)

Nah, tentu menjadi pertanyaan 'kenalan yang setara dengan kerabat' itu seperti apa? Menurut Badan Layanan Imigrasi Jepang bagian dari Kementerian Kehakiman yang dimaksud 'warga negara asing yang memiliki hubungan dengan orang yang tinggal di Jepang setara dengan kerabat' adalah tunangan dan perkawinan secara hukum.

Ini adalah kabar bahagia bagi para pasangan internasional yang terjebak LDR pas pandemi. Spesifikasi 'warga negara asing yang memiliki hubungan dengan seseorang yang tinggal di Jepang' menunjukkan bahwa tunangan di Jepang tidak harus warga negara Jepang. Jadi jika traveler bertunangan dengan penduduk asing di Jepang, berarti telah memenuhi syarat untuk visa pengunjung.

Ditegaskan oleh pemerintah Jepang, semua penduduk non-Jepang yang ingin datang ke Jepang harus mengajukan visa dan berkonsultasi dengan kedutaan atau konsulat Jepang terdekat sebelum memesan tiket pesawat. Hingga saat ini pun belum diketahui hal apa saja yang harus dipenuhi untuk melengkapi syarat visa ini.

Juga nanti tuang rumah yang di Jepang juga diminta untuk mengajukan formulir undangan tertulis resmi mengenai pelancong luar negeri yang akan mengunjungi mereka. Juga janji tertulis tentang tindakan pencegahan infeksi virus corona, prosedur karantina rumah yang potensial, dan untuk mengonfirmasi bahwa tujuan dari kunjungan pemohon bukan untuk berwisata.



Simak Video "Jepang Dilanda Banjir Parah, Jembatan Ambruk-Mobil Nyungsep"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA