Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Jun 2022 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sandal Upanat Disiapkan untuk Melindungi Tangga Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) menunjukkan bagian batu candi yang rusak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022). BKB menyatakan banyak bagian struktur Candi Borobudur yang tergerus atau rusak akibat banyaknya pengunjung dan kurangnya kesadaran wisatawan dalam menjaga dan melestarikan benda cagar budaya. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.
Foto: Candi Borobudur (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)
Jakarta -

Padatnya pengunjung yang datang ke Candi Borobudur menyebabkan tangga candi yang terus tergerus. Sandal upanat diyakini bisa melindungi dari keausan.

Untuk melindungi candi, seluruh pengunjung yang naik akan memakai sandal upanat. Menurut Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC, Hetty Herawati, hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung konservasi Borobudur.

"Salah satu langkah awal membuat upanat. Upanat itu sebuah proteksi yang dimana nanti pengunjung bisa masuk ke candi itu dibekali dengan sandal khusus yang bisa melindungi candi dari keausan," kata Hetty kepada wartawan di sela-sela workshop penyiapan bahan pembuatan upanat di Balkondes Tuksongo, Selasa (7/6/2022).

Sejak ada kajian mengenai upanat, pihaknya sdah berkomunikasi dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB). Selain untuk konservasi, pembuatan sandal upanat untuk peningkaan ekonomi

"Upanat ini diproduksi dari masyarakat dan desa-desa di sekitar Borobudur. Kami sangat menyambut baik, kita mendukung sekali, kita support workshop untuk upanat ini. Pembuatan upanat untuk 20 desa di sekitar Borobudur," katanya.

Sementara itu, Ketua Pokja Pemeliharaan Candi Borobudur, Bramantara, dengan kuota 1.200 orang per hari. pihaknya menyiapkan sandal dalam jumlah yang sama.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng, untuk info selengkapnya klik di sini



Simak Video "Respons Turis Lokal dan Asing soal Harga Tiket Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA