Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 12 Jun 2022 14:27 WIB

TRAVEL NEWS

Kalau di Bali Balapnya Pakai Kerbau, Makepung Namanya

I Ketut Suardika
detikTravel
Warga memacu kerbau saat menampilkan Tradisi Makepung di kawasan Pengambengan, Jembrana, Bali, Rabu (23/2/2022). Tradisi balap kerbau Makepung tersebut merupakan salah satu daya tarik atraksi pariwisata di wilayah Kabupaten Jembrana. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Makepung di Bali (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jembrana -

Adu balap menggunakan hewan ternak memang ada di sejumlah tempat. Bali juga punya, namun balapannya menggunakan kerbau.

Makepung adalah salah satu tradisi yang hanya ada di Jembrana Bali. Makepung atraksi sepasang kerbau yang dipacu di lintasan. Awalnya hanya permainan yang dilakukan petani saat sedang membajak sawah.

Seiring berjalannya waktu, makepung sesuai namanya berarti mengejar, dijadikan ajang lomba balap kerbau di lahan kering sekitar sawah. Ada juga balap kerbau di lahan basah yang disebut makepung lampit.

Sepasang kerbau makepung terdapat di tengah untuk pijakan joki. Kerbau yang lomba juga dihiasi dengan biasa menyerupai mahkota di kepalanya yang disebut rumbing. Setiap lomba, hanya ada dua peserta dengan masing-masing sepasang kerbau.

Selama ini, hanya ada dua kelompok sekaa yang saling melawan dalam lomba. Yakni Sekaa Makepung Ijogading Timur dan Sekaa Makepung Ijogading Barat. Setiap kelompok sekaa terdapat seratus lebih anggota dengan pasangan kerbau rata-rata satu pasangan.

Latihan Makepung Sirkuit Sanghyang Cerik, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (12/6/2022)Latihan Makepung Sirkuit Sanghyang Cerik, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (12/6/2022) (Foto: I Ketut Suardika)

Atraksi unik ini banyak mengundang perhatian wisatawan datang ke Jembrana. Akan tetapi sejak dua tahun terakhir ini, sejak tahun 2020 atraksi jarang dilakukan. Para sekaa hanya sesekali latihan di arena untuk menjaga kerbau tetap sehat dan prima.

Latihan yang dilakukan di sirkuit yang juga dijadikan lomba Makepung. Rencananya akhir bulan Juni ini akan diselenggarakan lagi event lomba Makepung karena pembatasan kegiatan masyarakat yang dilonggarkan.

Berita selengkapnya dapat traveler baca di tautan detikBali ini



Simak Video "Keseruan Acara Makepung di Bali yang Sempat Vakum Gegara Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA