Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Jun 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Gibran Pertanyakan Kenapa Solo 2 Kali Gagal Masuk Kota Kreatif UNESCO

Gibran buka pameran UMKM Java In Paris, Rabu (8/6/2022).
Foto: Gibran di Paris (Tangkapan layar YouTube Gibran)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan perwakilan UNESCO di Paris. Gibran menanyakan kenapa Solo tidak masuk dalam jaringan kota kreatif UNESCO.

Gibran mengatakan, Solo sudah dua kali gagal masuk ke Creative Cities Network (CCN) atau jaringan kota kreatif UNESCO. Padahal, menurut dia, Kota Solo tidak kalah dengan beberapa kota lain di dunia yang sudah masuk ke dalam daftar CCN.

"Solo dua kali gagal masuk Creative Cities Network UNESCO. Saya tanya alasannya, karena secara potensi kita nggak kalah," kata Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo, Senin (13/6/2022).

Gibran mengaku sudah mencatat beberapa kekurangan yang menyebabkan Solo gagal masuk CCN UNSECO. Menurutnya, kesalahan utama terletak pada penyajian materinya kepada UNESCO.

"Kendalanya banyak. Proposalnya banyak yang salah. Nanti lebih kita detailkan. Kemarin sudah saya catat semua," ujar Gibran.

Indonesia sendiri sudah memiliki jaringan kota kreatif, ada empat kota di antaranya ialah Jakarta, Bandung, Pekalongan, dan Ambon. Menurut Gibran, batik dan gastronomi (tata boga) merupakan dua potensi utama Kota Solo untuk mengejar empat daerah tersebut.

"Pekalongan punya batik, Solo juga punya. Gastronomi, Solo juga punya. Potensinya sama-sama bagus. Nanti tahun depan kita coba lagi," pungkas putra sulung presiden Jokowi ini.

---

Artikel ini telah naik di detikjateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Momen Gibran Copot Paksa Masker Paspampres yang Pukul Sopir Truk"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA