Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Jun 2022 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Rindu Mainan Masa Kecil? Gabung Saja Berkain di Kota Tua Akhir Pekan Ini

Femi Diah
detikTravel
Para wisatawan lokal menikmati suasana kota tua di Kawasan Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Sabtu (3/4/2021). Menurut data BPS yang dirilis Kamis (1/4/2021) jumlah kunjungan wisman turun 86,59% ketimbang Februari tahun lalu. Salah satu alasannya karena masa pandemi Covid-19.
Kota Tua Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Traveler yang tidak ke luar kota akhir pekan ini, bisa singgah di Kota Tua Jakarta. Ada suguhan Berkain atau berkumpul dan bermain yang terbuka buat siapa saja. Syaratnya, hanya perlu membawa sarung atau kain apapun.

Berkain dihelat di Taman Fatahillah, yang tepat berada di depan Museum Fatahillah, dan Mula di Kota Tua, Jakarta Barat pada Minggu (19/6/2022). Agenda itu dimulai pukul 07.30.

Acaranya dibagi dua. Pertama, di luar ruangan tepatnya di Taman Fatahillah, dengan permainan tradisional seperti layang-layang, engrang, lompat tali, dan congklak. Kemudian di dalam ruangan di Mula Coworking Space. Di sini, pengunjung bisa mengikuti sejumlah workshop mulai dari pembuatan keramik, soal kopi, sulam, dan lainnya.

"Di acara ini, warga atau traveler bisa, seperti namanya, berkumpul dan bermain. Siapa saja boleh ikut acaranya, tidak ada batasan usia. Yang diperlukan hanya membawa sarung atau kain. Tidak dipungut biaya, lho," kata Etty Tejalaksana perwakilan panitia Berkain, dalam perbincangan dengan detikTravel.

"Jumlah peserta permainan di Taman Fatahillah tidak dibatasi, sehingga siapapun yang datang bisa langsung bergabung. Tetapi, untuk workshop di Mula, karena keterbatasan tempat, diimbau untuk mendaftar terlebih dahulu," dia menjelaskan.

Ety menyebut kendati mengajak pengunjung Kota Tua untuk bermain dan berkain, sejatinya ada misi lain yang disuarakan oleh panitia penyelenggara. Yakni, mempopulerkan penggunaan transportasi umum, baik untuk berwisata atau beraktivitas sehari-hari.

"Berkain merupakan event yang bertujuan menyatukan masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang sangat beragam. Caranya, melalui pelestarian kain-kain tradisional nusantara yang dipadukan dengan pelestarian budaya dan sejarah Jakarta yang direpresentasikan melalui Kota Tua sebagai Kawasan Wisata Sejarah," kata Etty.

Etty optimistis acara itu diminati warga Jakarta dan wisatawan yang ada Jakarta. Apalagi, bakal ada give away buat peserta dengan foto terbaik di Instagram.



Simak Video "Lestarikan Permainan Tradisional dengan Membuat Layangan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA