Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Jun 2022 22:07 WIB

TRAVEL NEWS

Healing di Labuan Bajo: Snorkeling, Hiking, dan.... Anti Aging

Ardhi Suryadhi
detikTravel
Wisata medis di Labuan Bajo oleh Siloam Hospitals
Labuan Bajo kini punya wisata medis. Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom
Manggarai Barat -

Labuan Bajo terus berbenah usai ditetapkan sebagai destinasi super prioritas. Obyek wisata yang bisa disambangi pun tak cuma Komodo, diving, snorkeling dan hiking, namun juga ada anti aging!

Ya, magnet utama Labuan Bajo sudah pasti adalah keindahan alamnya. Mulai dari membelah laut dengan kapal pinisi, menyambangi satu pulau ke pulau lain untuk tracking dan hiking hingga berpindah spot snorkeling/diving.

Wisata medis di Labuan Bajo oleh Siloam HospitalsWisata medis di Labuan Bajo oleh Siloam Hospitals. Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom

Selain itu, tak sedikit pula traveler yang bisa merasakan pengalaman menginap di kapal pinisi sembari merasakan sensasi angin laut di malam hari dan melihat gemerlap bintang dengan mata telanjang.

Namun kini, Labuan Bajo tengah merintis jalan menjadi tujuan wisata medis. Dimana turis yang diincar tak cuma yang ingin mencari tempat leyeh-leyeh wisata air, namun juga untuk perawatan kesehatan kelas atas di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini.

Wisata medis di Labuan Bajo oleh Siloam HospitalsWakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat dr Yulianus Weng M.Kes dan Wakil Direktur Siloam International Hospitals Caroline Riady (Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom)

Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Barat dr Yulianus Weng M.Kes mengatakan, menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata medis merupakan impian yang kini sudah masuk akal untuk dirintis. Memang realisasinya tak semudah membalikkan telapak tangan.

"Tantangan utamanya adalah bagaimana mewujudkan rasa nyaman dan aman sekaligus pengelolaan sistem wisata yang bersih terkendali dengan berbagai fasilitas kelas internasional," ujarnya di sela peresmian Siloam Hospitals Labuan Bajo International Medical Center.

Rasa aman dan nyaman bagi turis asing ini pun diharapkan dapat terwujud lewat layanan internasional yang dihadirkan Siloam Hospitals Labuan Bajo. Tentunya fasilitas dan layanan yang dihadirkan juga bukan ecek-ecek, meski lokasinya berada di level kabupaten.

Anti Aging

Wisata medis di Labuan Bajo oleh Siloam HospitalsHyperbalic Chamber (tampak luar). Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom

Nah, salah satu layanan yang menjadi andalan Siloam Hospitals Labuan Bajo International Medical Center adalah Hyperbaric Chamber. Menurut dr Theresia Nina Noviriana M.P.H, Direktur Siloam Hospitals Labuan Bajo, Hyperbaric Chamber merupakan ruang udara bertekanan tinggi (RUBT), dimana RUBT ini biasanya digunakan untuk terapi-terapi pada kecelakaan penyelaman, anti aging hingga kebugaran.

Adapun cara kerja fasilitas ini menggunakan tekanan tinggi serta oksigen murni. Dimana biasanya oksigen mengalir melalui pembuluh darah sampai perifer atau saraf tepi kulit itu tidak seluruhnya teroksigenasi sempurna, yang pada akhirnya kulit akan kering atau rusak.

Wisata medis di Labuan Bajo oleh Siloam HospitalsBagian dalam Hyperbalic Chamber. Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom

Nah, dengan tekanan tinggi yang ada di Hyperbalic Chamber diharapkan oksigenasinya sampai ke kulit bisa jauh lebih baik. Jadi kalau kulit kita teroksigenasi dengan baik maka akan terlihat lebih segar, regenerasi lebih bagus karena tekanannya tinggi sekali sehingga bisa mendistribusikan oksigen sampai ke perifer.

"Jadi Hyperbaric Chamber ini juga punya manfaat untuk anti aging atau anti penuaan, kecantikan, mencerahkan kulit. Kami punya studi case dimana luka di kaki yang sudah divonis untuk diamputasi, dan setelah di terapi dalam beberapa siklus ternyata bisa menyelamatkan kaki tersebut, tidak jadi diamputasi," lanjut dr Nina.

Sementara Wakil Direktur Siloam International Hospitals Caroline Riady menambahkan, kehadiran Siloam Hospitals Labuan Bajo International Medical Center bisa dibilang untuk meretas jalan Labuan Bajo menjadi wisata medis.

"Salah satu tugas kami menyediakan layanan kesehatan dan sekaligus sebagai pembuka akses layanan agar seluruh keinginan masyarakat dapat terpenuhi, khususnya di beberapa tempat destinasi wisata. Adapun layanan," tutur Caroline.



Simak Video "Siloam Hospital Labuan Bajo Sediakan Layanan Wisata Kesehatan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(ash/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA