Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Jun 2022 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Jakarta Mau Hajatan, Anies Ajak Warga Sadar Sampah

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Beragam upaya untuk merawat dan melestarikan lingkungan dilakukan di Jakarta. Salah satunya melalui Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah. Penasaran itu apa?
Hari pertama Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Ulang tahun Kota Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Tahun ini Jakarta merayakan ulang tahun yang ke-495. Untuk merayakannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat Jakarta Hajatan.

Jakarta Hajatan merupakan serangkaian acara berkelanjutan yang berisi berbagai kegiatan. Yang diadakan dalam rangka merayakan ulang tahun Jakarta. Baik kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat.

Dilansir dari laman resminya, tahun ini Jakarta Hajatan membawa slogan 'Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi'. Kolaborasi dimaknai sebagai upaya merayakan identitas dan semangat Jakarta sebagai 'Kota Kolaborasi'. Akselerasi untuk menunjukkan usaha kota Jakarta untuk terus maju. Elevasi mewakili visi Jakarta yang terus bertumbuh dalam taraf global.

Terdapat beragam kegiatan dalam rangkaian acara Jakarta Hajatan. Mulai dari kegiatan-kegiatan kesenian seperti pameran seni dan konser. Kegiatan wisata seperti walking tour dan cycling tour. Hingga kegiatan untuk lingkungan seperti acara Udara Bersih untuk Jakarta dan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah.

Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS) merupakan kegiatan kolaboratif antara pemerintah dengan masyarakat. Kegiatan ini akan diikuti oleh 2.743 RW se-DKI Jakarta.

Keterlibatan langsung dari masyarakat dalam kegiatan ini ditujukan untuk melatih masyarakat dalam mengelola sampah di lingkungannya. Aksi ini juga menjadi ajang simulasi sekaligus bahan evaluasi Dinas Lingkungan Hidup untuk menilai efektifitas pengurangan sampah dari lingkungan rumah.

Sesuai namanya, PGJSS diadakan selama sepekan mulai tanggal 20 hingga 25 Juni 2022.

"Izinkan dalam kesempatan ini kami mengajak seluruh warga Jakarta untuk turut mendukung dan meramaikan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah tahun 2022 yang akan dilakukan mulai tanggal 20 hingga 25 Juni," ajak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam video kegiatan PGJSS dalam akun Instagram Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Selama sepekan, kegiatan ini akan diisi oleh berbagai agenda. Mulai dari musyawarah dan sosialisasi kegiatan, pengumpulan sampah sesuai jenisnya dari rumah masing-masing, hingga aksi membersihkan kampung secara massal.



Simak Video "Di Kepulauan Seribu Anies Buka Rangkain Jakarta Hajatan ke-495"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA