Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jun 2022 18:04 WIB

TRAVEL NEWS

Duh, 11 Wisatawan Terjebak di Wahana Kereta Gantung

ilustrasi
Foto: Ilustrasi kereta gantung (Thinkstock)
Parwanoo, Himachal, India -

Belasan turis terjebak dari kereta gantung di Timber Trail Resort, Parwanoo Himachal, India. Insiden semacam ini pun bukan yang pertama kalinya terjadi.

Sebanyak 11 turis, lima wanita dan enam laki-laki terjebak selama berjam-jam di sebuah wahana kereta gantung. Untungnya, semua berhasil diselamatkan setelah operasi selama enam jam.

Diberitakan TribuneIndia, tim dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) juga tiba di lokasi. Insiden tersebut terjadi pada pukul 11 pagi. Menurut Wakil Inspektur Polisi (DSP) Parwanoo, Pranav Chauchan, kereta gantung tersebut macet di atas ketinggian sekitar 200-250 kaki atau sekitar 60-76 meter di dekat puncak gunung. Evakuasi dilakukan dengan menurunkan wisatawan satu-per satu menggunakan tali.

"Itulah mengapa tidak banyak kesulitan yang dihadapi dalam menyelamatkan penumpang dengan menurunkan mereka ke tanah, satu per satu, setelah mengikatkan tali masing-masing. Kereta gantung penyelamat dikerahkan untuk mengeluarkan orang-orang itu," kata Pranav.

Menurut DSP, ketinggian maksimum untuk kereta gantung sepanjang 1,8 km adalah sekitar 1.000 meter. Kereta gantung Parwanoo terletak sekitar 35 km dari kota Chandigah di jalan Chandigarh-Shimla. Butuh waktu sekitar delapan menit untuk mencapai satu bukit dan bukit lainnya.

Salah seorang yang diselamatkan dari kereta gantung mengatakan bahwa 11 turis tersebut semuanya berasal dari Delhi. Sementara, seorang wisatawan asal Punjab, Anupam Bhagria mengatakan, keselamatan wisatawan yang menggunakan jalur kayu tersebut harus dipastikan.

Akuntabilitas harus diperbaiki dalam insiden semacam itu. Jika tidak, maka harus ditutup.

Insiden semacam ini bukanlah peristiwa yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, pada Oktober tahun 1992, 10 dari 11 orang berhasil diselamatkan dari insiden kereta gantung di Timber Trail oleh operasi Angkatan Darat dan Angkatan Udara, namun operator kereta gantung meninggal dunia.

Sementara, di tempat lain, pada April lalu, 15 turis terjebak di kereta gantung di perbukitan Trikut di distrik Deoghar Jharkand selama sekitar 40 jam. 12 dari mereka berhasil diselamatkan, namun tiga orang tewas dalam insiden ini.



Simak Video "Sandiaga Uno Pede Kereta Gantung Bisa Atasi Macet di Puncak"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA