Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 18:55 WIB

TRAVEL NEWS

Kampung Adat... di Sanalah Menjaga Alam Jadi Tradisi

Tim detikcom
detikTravel
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Kampung Adat Ciptagelar Sukabumi.
Kampung Adat Ciptagelar (dok. Syahdan Alamsyah/detikcom)
Jakarta -

Kampung Adat Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi memegang teguh berbagai aturan adat yang telah ada sejak lama. Mereka teguh menjaga kelestarian alam.

"Kalau undang-undang di adat ya turun temurun diregenerasikan dari leluhur karena kita hidup berdekatan berdampingan dengan alam ya otomatis kita harus menjaga alam tersebut," kata Abah Ugi Sugriana Rakasiwi, ketua adat Kasepuhan Ciptagelar.

Dalam aturan itu ketika warga merusak alam maka dampak akan dirasakan oleh seluruh warga kampung adat. Aturan itu mengikat dan membatasi setiap warga yang tinggal di kawasan tersebut.

"Kalau di (aturan) adat hukumnya itu terasa oleh dirinya sendiri, ibaratkan kata zaman dulu itu turun temurun kita regenerasi itu simpelnya itu Kabendon, kalau kita melanggar satu aturan adat katanya Kabendon, jadi dikembalikan pada diri kita masing-masing," ujar Abah Ugi.

"Ada peribahasa di Abah di sini "genteng ku kadekna legok ku tapakna cilaka ku amal perbuatan nana" jadi ya dikembalikan kepada diri kita, tergantung kesadaran warga di sini karena mungkin udah kebiasaannya seperti itu dari dulu ya itu yang dipertahankan," dia menambahkan.

Tidak hanya Kampung Ciptagelar yang berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan sebagai hukum adat. Di Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya juga warganya hidup selaras dengan alam.

Kemudian Kampung Adat Banceuy di Subang. Nama kampung ini lahir karena adanya bencana. Para tetua adat di kampung itu akhirnya berembug hingga lahirnya nama Kampung Banceuy.

Kampung Kuta di Ciamis juga memiliki keistimewaan. Mereka memiliki 'ritual' khusus dalam berinteraksi dengan alam yang disebut tradisi Nyuguh.

Di sudut kota lainnya Jawa Barat ada sebuah kampung bernama Cirendeu. Di kampung itu warga pemeluk agama kepercayaan bisa hidup berdampingam dengan pemeluk agama lainnya.

Masih ada banyak kampung adat di Jawa Barat. Mereka tetap setia menjaga tradisi dan warisan nenek moyang agar tak punah.



Simak Video "Melihat Cara Kampung Adat Ciptagelar Pertahankan Tradisi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA