Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Jun 2022 15:18 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Hanya Buat Wisata, Kebun Teh Juga Sumber Cuan Indonesia

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Suasana di Kebun Teh, Puncak, Bogor (M Sholihin-detikcom)
Suasana di Kebun Teh, Puncak, Bogor (M Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Kebun teh yang selama ini menjadi destinasi wisata para travelers ternyata punya peran lain. Umumnya, masyarakat hanya mengetahui bahwa kebun teh yang dikunjunginya nantinya akan dipetik dan diolah. Namun, tidak banyak yang tahu kalau teh adalah komoditas penting.

Kebun teh sering menjadi salah satu alternatif wisata masyarakat. Terutama bagi masyarakat perkotaan di daerah yang panas. Karena kebun teh biasanya terletak di area dataran tinggi.

Suasana yang sejuk, udara yang dingin, serta lingkungan yang asri menjadikan kebun teh cocok untuk menjadi destinasi wisata.

Tidak hanya untuk menyegarkan diri. Penataan kebun yang rapi juga menjadikannya indah untuk dipandang. Serta untuk dijadikan lokasi berfoto.

Namun di balik keindahan dan pemanfaatannya sebagai destinasi wisata. Teh merupakan komoditas perkebunan yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia lho. Sesuai dengan informasi yang ditulis oleh akun resmi Badan Pusat Statistik (BPS) di Twitter.

Selain dikonsumsi oleh masyarakat dalam negeri, teh dari perkebunan di Indonesia juga diekspor ke luar negeri. Menurut data yang diunggah BPS, volume ekspor teh Indonesia pada tahun 2020 mencapai 45,3 ribu ton.

Tiga negara terbesar yang menjadi tujuan ekspor teh Indonesia adalah Rusia dengan persentase 18%, Malaysia sebesar 16%, dan Amerika Serikat sebesar 8%.

Dibanding ekspornya, impor teh Indonesia jauh lebih kecil. Pada tahun 2020, Indonesia melakukan impor teh sebesar 14,9 ribu ton.

Mayoritas berasal dari Vietnam dengan persentase sebesar 65%. Diikuti Kenya sebesar 18% dan India sebesar 4%.

Meski begitu, wilayah Indonesia yang memiliki perkebunan teh tidak banyak. Kebanyakan teh Indonesia dihasilkan dari Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat menghasilkan sebesar 69% dari total produksi teh Indonesia.

Diikuti oleh Jawa Tengah sebesar 11%, Sumatra Utara sebesar 7%, Sumatra Barat 4%, dan Jambi 3%. Sisanya disumbang oleh provinsi lainnya.

Walaupun jumlah perkebunannya tidak banyak. Namun, kebun teh memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, meski sering dijadikan tempat wisata. Jangan lupa untuk membantu menjaga kondisi kebun teh yang dikunjungi. Karena kebun teh tidak hanya sedap dipandang, tapi juga membantu perekonomian.





Simak Video "Puluhan Model Melenggang di Atas Perkebunan Teh Malabar Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA