Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Jul 2022 23:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat Terbesar Sedunia Mendarat di Australia, tapi Kok Bolong Ya?

Pesawat Emirates Bolong
Foto: Ada lubang di pesawat Emirates (Twitter)
Brisbane -

Pesawat Airbus A380 milik maskapai Emirates mendarat dengan selamat di Brisbane, Australia meski ada lubang besar menganga di bagian badannya. Kok bisa?

Pesawat Emirates itu diketahui terbang dari Dubai dengan tujuan akhir Brisbane, Australia. Pesawat dengan nomor penerbangan EK340 itu ternyata sudah mengalami masalah sejak take off dari Dubai.

Salah satu ban pesawat itu meledak saat lepas landas. Insiden itu sudah dilaporkan sang pilot kepada petugas Air Traffic Control (ATC) bandara Brisbane. Mereka pun siap siaga dengan layanan darurat yang sudah berjaga di landasan pacu.

Selama 14 jam perjalanan dari Dubai ke Brisbane, relatif tidak ada kendala berarti yang ditemui. Baru pada saat pesawat mendarat di Brisbane, masalah muncul.

Karena salah satu ban pesawat itu meledak, saat pesawat mendarat di bandara, serpihan-serpihan ban itu merusak bagian bodi pesawat, tepatnya pada sisi lapisan terluar yang melindungi mesin pesawat.




Dari foto-foto yang tersebar di media sosial, lubang itu berukuran cukup besar dan terlihat sangat jelas. Namun dalam pernyataan resminya, maskapai Emirates menyebut lubang itu tidak berdampak banyak pada kinerja pesawat.

"Salah satu ban pecah dan menyebabkan kerusakan kecil pada bagian fairing aerodinamis, yaitu panel terluar dari kulit pesawat," ujar juru bicara Emirates, seperti dikutip dari AP, Selasa (5/7/2022).

"Saat ini, lubang itu tidak berdampak pada tekanan kabin, bingkai maupun struktur lain di pesawat itu. Semua penumpang sudah turun dari pesawat sesuai dengan jadwal," sambung mereka.

Setelah menjalani pemeriksaan oleh teknisi dan insinyur dari Airbus, bagian yang rusak dari pesawat terbesar di dunia itu akhirnya diganti. Emirates pun menyampaikan permohonan maaf sembari menegaskan bahwa keselamatan penumpan dan kru mereka adalah hal yang utama.

"Keamanan penumpang dan kru kami selalu jadi prioritas utama kami," tutup Emirates.



Simak Video "Pemerintah Restui Rencana Kenaikan Harga Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA