Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 18 Jul 2022 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Makin Mahal, Tarif Jet Pribadi Jakarta-Bali Rp 321 Juta

CNBC
detikTravel
Salah satu jet pribadi yang dikelola oleh sewajetpribadi.com
Ilustrasi jet pribadi. Foto: ist
Jakarta -

Selain pesawat, tarif jet pribadi juga ikut naik. Terbang dari Jakarta ke Bali, traveler harus bayar Rp 321 juta.

Pengusaha sewa jet pribadi mengatakan, kenaikan ini terjadi karena ongkos operasional dalam bisnis penerbangan yang meningkat.

"Terkait kenaikan harga avtur untuk penerbangan charter private jet, ada dampak langsung terhadap kenaikan biaya charter," jelas Direktur PT Indojet Sarana Aviasi, Stefanus Gandi, kepada CNBC Indonesia, akhir pekan lalu, Minggu (17/7/2022).

Tidak hanya harga avtur, beban biaya dalam servis di bandara juga mengalami peningkatan. Hal ini berkaitan dengan pengoperasian maskapai sewa jet pribadi yang harus dilakukan di Bandara Soekarno Hatta karena Bandara Halim Perdanakusuma yang belum beroperasi komersial pascarevitalisasi.

"Beban biaya ground handling menjadi ikut naik serta tarif sewa lounge VVIP Bandara Cengkareng yang lebih tinggi dari Bandara Halim," katanya.

Karena faktor-faktor tersebut, Indojet harus menaikkan tarif sewa. Seperti perjalanan ke Jakarta-Bali yang sebelumnya dipatok US$ 19.500 atau setara Rp 291 juta (Rp 14.971/US$) naik menjadi Rp US$ 21.450 setara Rp 321 juta atau naik 10%.

"Akumulasi dari kenaikan beberapa komponen seperti avtur dan beban sewa membuat tarif charter naik antara 10-15% dari tarif charter tahun lalu," kata Gandi.

Gandi juga bercerita terkait permintaan pesawat jet juga masih stabil meski ada peningkatan biaya. Dimana minat dari client langganan maupun baru masih ada.

"Walau ada peningkatan biaya tapi ini cenderung stabil, karena kebutuhan perjalanan business trip dan holiday season masih cukup tinggi," katanya.



Simak Video "Kapolri Bakal Telusuri Asal Uang Brigjen Hendra Bayar Private Jet"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA