Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 20:31 WIB

TRAVEL NEWS

Burung Merak Hijau Ujung Kulon Bisa Dilihat Pagi atau Sore

Aris Rivaldo
detikTravel
Merak hijau (pavo muticus) jantan mengembangkan bulu ekornya untuk menarik perhatian merak betina di Savana Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (31/5/2021). Saat ini di TN Alas Purwo memasuki musim kawin merak hijau yang diperkirakan berlangsung hingga bulan september.
Burung merak hijau (Foto: Antara Foto/Budi Candra Setya)
Pandeglang -

Burung merak hijau atau pavo muticus masih bisa ditemukan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Pandeglang, Banten. Waktu tepat untuk berjumpa dengan satwa langka tersebut yakni pada pagi atau sore hari.

"Ke (Pulau) Handeuleum itu pagi atau sore sering datang burungnya, cari makanan di sekitar kantor kita, cuman mungkin terbang ke pulau-pulau sekitar situ. Jadi ada pengunjung kadang liat kadang nggak karena terbang," kata kepala Balai TNUK Anggodo, kepada detikTravel, Selasa (19/7/22).

Anggodo mengatakan populasi burung merak hijau di Ujung Kulon malah bertambah, tidak menyusut. Menurutnya burung merak tersebut yang dari luar dilepaskan di TNUK.

"Belum ada berita menyusut kita belum pernah ada penataan ke burung merak. Kita belum melakukan penghitungan burung merak yang ada di Ujung Kulon. Tapi saat ini burung merak ada di Pulau Peucang, malah dua tahun terakhir banyak dilepas di Pulau Handeuleum," katanya.

Ke depannya ia mengatakan akan melakukan monitoring beberapa fuana dan flora di TNUK. Pihaknya mengaku saat ini belum melakukan monitoring secara keseluruhan karena terbatas anggaran.

"Semoga, apabila anggaran mencukupi untuk dilaksanakannya kegiatan monitoring flora dan fauna di TNUK," harapnya.



Simak Video "Keindahan Pantai Berpasir Putih Pulau Peucang Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA